Published On: Wed, Mar 2nd, 2016

Dana Bantuan Rio Haryanto Akan Dipangkas Kemenpora!

Johanes Chandra Ekajaya

Imam Nahrawi selaku Mentri Pemuda dan Olahraga hari ini melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR. Didalam rapat tersebut, Imam mengajukan pemangkasan biaya bantuan Rio Haryanto dari yang semula Rp. 100 miliar menjadi Rp. 50 Miliar.

Kabar mengenai pemangkasan dana bantuan tersebut disampaikan langsung oleh juru Bicara Kemenpora yakni Gatot S Dewabroto. Ia menegaskan jika pemangkasan dana bantuan tersebut bukan karena pemerintah tidak menjalankan komitmennya untuk membantu Rio agar bisa berlaga di ajang bergengsi Formula 1. Namun menurutnya saat ini masih banyak sekali cabang-cabang oahraga yang membutuhkan dana segar. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Liputan 6 (2/3/2016).

Walaupun begitu, Kemenpora memiliki cara lain demi mendukung Rio Haryanto di ajang Formula 1 bersama dengan Tim Manor. Kabarnya pihak Kemenpora akan melakukan kerjasama dengan pihak lain termasuk memotong gaji Menpora dan juga para pejabatnya demi memberikan dana bantuan kepada Rio.

Selain langkah yang terbilang ekstrim tersebut, Kemenpora juga akan menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta untuk melakukan penggalangan dana dari masyarakat. Sebab hingga saat ini Rio Haryanto masih kekurangan dana untuk menyelesaikan administrasi yang diminta Manor Racing.

Setelah bergabung Tim Manor Racing, Rio Haryanto berhasil menunjukkan peforma terbaiknya. Bahkan di sesi tes kedua hari pertamanya, ia berhasil menorehkan waktu 1 menit 27,625 detik. Perolehan waktu yang berhasil diraih Rio ini bisa menjadi catatan manis miliknya selama bergabung di Tim Manor Racing.