Published On: Wed, Mar 16th, 2016

Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M!

Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M! 4
Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M! 4

Beritabenar – Kasus mobil listrik Indonesia yang beberapa waktu yang lalu sempat mencuat karena tidak lolos uji emisi kali ini mendapatkan jawaban dari Majelis Hakim Penadilan Tindak Pidana Korupsi. Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Arif Waluyo mengetuk palu dan menyatakan bahwa Dasep Ahmadi selaku Direktur PT Sarimas Ahmadi Pratama telah terbukti melakukan tindakan memperkaya diri sendiri dari keuangan negara.

Dari putusan hakim tersebut, Dasep Ahmadi dijatuhi hukuman 7 tahun penjara dengan denda sebesar 17.1 miliar Rupiah ditambah dengan dengan subsider 200 juta Rupiah yang harus dibayarkan dalam kurun waktu paling lambat 30 hari. Jika dalam kurun waktu tersebut Dasep tidak membayarkan denda tersebut, maka seluruh kekayaan Dasep akan disita, dan jika kekayaannya tersebut tidak menutupi denda yang harus dibayarkan, maka kurungan akan ditambahkan 2 tahun.

Kasus ini pertama kali mencuat dari permintaan Kementrian BUMN yang saat itu masih dipimpin oleh Dahlan Ishkan untuk mendukung kegiatan Konferensi APEC pada tahun 2013 yang lalu di Bali. Pada waktu itu Kementrian meminta PT Sarinas Ahmadi Pratama untuk membuat mobil listrik sebanyak 16 unit dalam kurun waktu selama 6 bulan pada bulan April 2013 yang lalu.

Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M!

Namun karena jangka waktu yang diberikan tersebut begitu singkat, maka Dasep hanya bisa membuat setengah dari permintaan yaitu 8 unit saja. Ini pun masih jauh dari kata sempurna jika melihat dari hasil uji emisi mobil tersebut yang masih overheat ketika digunakan dengan kecepatan 70-80km/jam. Harga dari sebuah mobil prototype tersebut menghabiskan dana 2 miliar Rupiah/unit.

Banyak yang menanggapi hal ini setelah putusan Hakim yang dianggap tidak adil. Menurut Autonetmagz biaya sebesar 2 miliar Rupiah/unit untuk membuat sebuah prototype itu terbilang sangatlah murah. Terlebih jika membandingkan ke produsen-produsen mobil lainnya yang bisa menghabiskan dana berkali-kali lipat dan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat sebuah mobile prototype.

Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M!

Tesla Roadster

Automagz tidak asal bicara saja untuk hal ini. Mereka memberikan sebuah bukti dimana Tesla membutuhkan waktu 3 tahun untuk membuat Tesla Roadster Prototype dan membutuhkan waktu 5 tahun hingga benar-benar bisa diproduksi secara massal. Dalam mengembangkan mobil ini, Musk mengeluarkan uang 7,5 juta US Dollar dari kantung pribadinya. Kemudian ada tambahan 13 juta USD untuk membuat prototype dari Roadster. Setelah itu Musk juga mendapatkan dana segar dari penggalangan dana yang dibuat oleh Founder Google dan President Ebay sebesar 40 juta USD. Tak berhenti sampai disini saja, Musk masih mendapatkan dana tambahan sebesar 45 juta USD dari JP Morgan. Dana sejumlah 105 juta USD ini hanya digunakan untuk satu model Tesla Roadster saja.

Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M! 3

Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara dan Denda 17M! 2

Tidak hanya Autonetmagz, netizen pun gerah dengan kasus ini. Terbukti dari meme yang di-posting oleh Ricky Elson di jejaring sosial pribadinya, hanya dalam kurun waktu 2 jam saja sudah di-share sebanyak 4,570 kali. Meskipun ia tidak tahu siapa yang telah membuat meme tersebut, namun ia mengungkapkan bahwa permasalahan yang menimpa Dasep Ahmadi ini akan memiliki dampak yang berat di kemudian hari. Ia mengatakan bahwa ini akan memberikan dampak psikologis bagi anak-anak muda kreatif di negeri ini di masa depannya. <bms>