Published On: Mon, Jun 13th, 2016

Demi Jalur Busway Steril, Ratusan Portal Manual Siap Dipasang!

jalur-busway_sterilisasi

Terkait maraknya pelanggaran lalu lintas terutama di jalur Busway, Budi Kaliwono selaku Direktur Utama PT Transjakarta mengaku akan memasang ratusan portal manual di beberapa titik jalur Busway. Tidak hanya portal, 500 personel Transjakarta juga siap menjadi operator portal manual tersebut.

“Kami akan bangun portal tambahan. Ada 120 portal yang sedang dibuat. Sementara manual untuk tutup di ujung-ujung,” ungkap Budi saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta saat acara rapat pimpinan. Seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Kompas (13/6/2016).

Tidak sampai disitu, agar jalur Busway steril dan tidak terhambat oleh lalu lintas kendaraan umum, kabarnya beberapa jalur putar balik juga siap ditutup. Tentunya, kebijikan yang dikeluarkan oleh Transjakarta ini dinilai ampuh dalam mengatasi pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi di jalur Busway.

Saat ini tercatat ada 357 petugas yang siap mengemban tugas untuk menetralisir jalur Busway dari gangguan kendaraan pribadi. Selain berasal dari Transjakarta, para personel tersebut juga berasal dari beberapa instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Kepolisian serta Dinas Perhubungan dan Transportasi.

“Saat ini ada 357 petugas transjakarta yang amankan jalur. Budget kami tidak masukan ini awalnya. Tapi mempelajari lebih bagus punya petugas sendiri,” tutupnya.