Published On: Mon, Feb 22nd, 2016

Demi Putri Thailand, Kamboja Gelontorkan Dana Untuk WC Seharga Rp 537 Juta

yohanes chandra ekajaya

Untuk menyambut kedatangan Putri Maha Chakri Sirindhorn dari Thailand yang akan berkunjung ke Kamboja, sebuah toilet didesain langsung untuk dipakai sang putri. Tak tanggung-tanggung harga sebuah toilet itu seharga US$40 ribu atau sekitar Rp 537 juta.

Toilet yang didesain baru itu memiliki luas 8 meter persegi yang dilengkapi dengan penyejuk udara, Untuk menyelesaikan toilet khusus ini dibutuhkan waktu selama 2 minggu dan menghabiskan uang sebesar 66 kali gaji tahunan rata-rata orang Kamboja.
Perusahaan Thailand SCG Cement-Buiding Materials ditunjuk sebagai pelaksana pembuatan WC tersebut. Mereka mengimpor bahan baku serta pekerja yang profesional dibidangnya. Untuk merampungkan pembuatan toilet ini, pihak SGC akan berusaha menyelesaikannya pada hari ini, Senin (22 Februari 2016).

Seperti yang Berita Benar lansir dari iStockphoto, WC itu berlokasi di Danau Yeak Lom di Provinsi Ratanakiri di mana sang putri akan memulai kunjungan 3 hari ke Kamboja yang dimulai pada hari hari ini, Senin (22 Februari 2016). Kunjungan sang putri ini di antaranya untuk membuka fasilitas kesehatan, peletakan batu untuk pembangunan institusi pendidikan dan makan malam dengan Raja Norodom Sihamoni.

“Saya bisa prediksi mereka menghabiskan uang sebesar US$ 20.000 ribu hingga US$ 30.000 untuk pembangunan kamar mandi karena materialnya begitu modern,” kata Tin Luong, kepala komunitas Yeak Lom, seperti yang Berita Benar kutip dari The Guardian.

WC khusus ini akan berdiri selama Putri Maha Chakri Sirindhorn dari Thailand itu masih berada di Ratanakiri, jika sang putri telah pulang maka WC khusus itu akan dibongkar dan bangunan akan dialihgunakan untuk kantor.

“Toilet ningrat ini tidak boleh dipakai orang biasa,”ujar manajer SCG yang hanya dipanggil Pursat.