Published On: Fri, Mar 11th, 2016

Demi Sesuap Nasi, Para Pemulung Sampah Terpaksa Mencuri Kabel di Istana Negara

yohanes chandra ekajaya

Komplotan pencuri logam tembaga dan timah kabel yang berada di gorong-gorong akhirnya tertangkap. Polda Metro Jaya berhasil meringkus komplotan yang sedang beroperasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Kompol Dedy Anung selaku Kanit III Subdit Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa penangkapan komplotan ini berlangsung pada hari Senin, 7 Maret sampai hari Rabu, 8 Maret 2016.

“Untuk melakukan pemburuan ini kami melakukan rentang waktu dari hari Senin hingga Rabu. Kami menangkapnya di pinggir jalan kolong jembatan sekitar Jakarta Pusat,” kata Dedy di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Dedy menambahkan dari keenam kompoltan pencuri kabel, Mapolda Metro Jaya sudah mengantongi nama-nama tersangka yakni alias UC (28), GUN (43), SWY alias SM (45), AT alias TGL (48), STR alias BY (45) dan MRN alias N (34). Rata-rata dari mereka berprofesi sebagai pemulung sampah untuk mengais rezeki, bahkan terkadang mereka juga menyambi sebagai kuli bangunan.

“Pencuri itu pemulung dan kuli bangunan. Mereka ini terkait dengan komplotan pencuri yang sudah ditangkap di Gambir pada tahun lalu, 2015. Sama-sama pemulung,”tambahnya.

Dedy menjelaskan cara bekerja mereka saat beraksi yaitu dengan membagi-bagi tugas. Tersangka AP alias UC menunggu di permukaan dengan gerobak yang sudah siap menampung tembaga dan timah curian. Sementara 5 pelaku lainnya masuk ke gorong-gorong untuk memotong dan mengambil logam kabel.

“Saat beraksi satu diantara mereka menungi di atas sambil menjaga gerobaknya. Sedangkan kawannya yang lain memotong dan mengupas kulit kabel. Hasilnya dikeluarkan melalui lubang saluran air dan angin di pinggir trotoar,” jelas Dedy.

Akibat dari perbuatan yang mereka lakukan, maka mereka mendapatkan hukuman sesuai dengan Pasal 363 juncto 362 juncto 55 dan 56 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun.