Published On: Fri, May 20th, 2016

Demo Anti Ahok di Depan KPK Berakhir Rusuh

Capture

Di tengah teriknya matahari, para pendemo anti Ahok yang terdiri dari Forum Betawi Rempug (FBR), Aliansi Masyarakat Jakarta Utara (AMJU), dan Laskar Luar Batang berbuat onar. Demo yang berlangsung di depan kantor KPK tersebut berakhir rusuh setelah para pendemo melempari polisi dengan botol bekas, kayu bahkan batu.

Beberapa fasilitas umum di depan kantor KPK seperti halte Transjakarta terkena dampak aksi pendemo anarkis tersebut. Kaca halte Transjakarta yang terletak di Jalan HR Rasuna Said tersebut pecah. Alhasil, para penumpang yang ingin menggunakan Transjakarta harus menjauh dari halte demi menghindari kerusuhan. Untungnya pihak Kepolisian berhasil menjinakan para demonstran yang anarkis tersebut meskipun mereka tetap berusaha menyerang para petugas. Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Kompas (20/5/2016).

Para pendemo tersebut menuntut agar sang gubernur DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama mundur dari jabatannya. Sebab, menurut para pendemo Ahok sudah melanggar undang-undang saat melakukan penggusuran baik di Kampung Akuarium, Kampung Pulo, Pasar Ikan dan Kalijodo.

Sebelum beranjak ke KPK, para pendemo tersebut mendatangi gedung DPRD DKI Jakarta. Sama seperti di gedung KPK, demo tersebut juga berlangsung anarkis. Para pendemo melempar botol air hingga batu ke arah petugas yang sedang berjaga.