Published On: Mon, Sep 5th, 2016

Diisukan Pakai Bahan Baku Kadaluarsa, Pizza Hut Buka Suara!

Johanes Chandra Ekajaya

Terkait beredarnya isu penggunaan bahan baku kadaluarsa di restoran cepat saji Pizza Hut, akhirnya Stephen McCartney slaku Presiden Direktur dari PT. Sarimelati Kecana buka suara. Secara tegas, ia langsung menyatakan jika Pizza Hut sama sekali tidak menggunakan bahan makanan kadaluarsa untuk produknya. Selain itu, ia juga menyatakan jika pihaknya sama sekali tidak pernah melakukan tindakan perpanjangan masa simpan makanan.

Dalam berbisnis, tentunya keuntungan merupakan prioritas utama. Walaupun begitu, Stephen mengaku tidak pernah kompromi dengan kualitas makanan yang disajikan. Oleh karena itu, sekali lagi ia memastikan jika pemberitaan kali ini tidak benar. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Kompas (5/9/2016).

Disisi lain, Alwin Arifin selaku Presiden Direktur dari PT Sriboga Raturaya menyatakan jika pihak kepolisian saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait masalah kali ini. Tidak hanya Pizza Hut saja, restoran cepat saji Marugame Udon juga dikabarkan menggunakan bahan kadaluarsa untuk memproduksi produknya. Selain kepolisian, dua media besar yakni Tempo dan BBC Indonesia pun terus melakukan penyelidikan mendalam terkait masalah ini.

Menurut keterangan dua media tersebut, tercatat saat ini ada tiga paket bahan makanan kadaluarsa yang sering dipakai oleh Pizza Hut dan Marugame Udon untuk memproduksi makanannya. Salah satu bahan yang digunakan adalah tepung bonito yang notabene digunakan untuk menghasilkan rasa ikan. Paket bonito tersebut ternyata sudah kadaluarsa sehingga pihak managemen pun diduga menambah masa kadaluarsanya.