Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

Dikunjungi DPR RI, Jalan Nasional Langsung Diperbaiki

BERITABENAR-Kunjungan anggota Komisi V DPR RI (membidangi masalah infrastruktur) berdampak positif terhadap masyarakat Lebak. Jalan Rangkasbitung-Cigelung di Kampung Bangarum, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, yang rusak parah langsung diperbaiki Satuan Kerja (Satker) Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ardiansyah, warga Kampung Bangarum, menyatakan, kondisi Jalan Rangkasbitung-Cigelung sebelumnya cukup memprihatinkan. Sudah tiga kali, terjadi kecelakaan tunggal di ruas jalan itu. Sehingga, warga sempat mendesak Bupati Iti Octavia Jayabaya untuk segera memperbaiki ruas jalan tersebut. “Baru ditangani tadi pagi, karenanya lalu lintas dari arah Rangkasbitung ke Cipanas dan sebaliknya dialihkan melalui Jalan Siliwangi,” kata Ardiansyah kepada Radar Banten, Selasa (21/2).

Pengalihan arus lalu lihtas itu dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lebak dibantu anggota Pengendalian dan Operasi (Dalops) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak. Tujuannya, supaya proses perbaikan Jalan Rangkasbitung-Cigelung tidak terganggu para pengendara yang melintas. “Pengerjaan perbaikan jalan sepanjang 10 meter diprediksi akan memakan waktu dua hari. Setelah itu, jalan bisa dilalui kembali pengguna jalan ” ungkapnya.

Anggota Dalops Dishub Kabupaten Lebak Sahrun Kabir menyatakan, perbaikan jalan dilakukan sejak Selasa (21/2) pagi. Selama itu, arus lalu lintas ‘dari arah Cipanas dialihkan ke Jalan Siliwangi, sedangkan pengguna jalan dari arah Rangkasbitung diarahkan ke Jalan Juanda dan selanjutnya masuk ke Jalan Siliwangi. “Pengalihan arus lalu lintas dilakukan untuk mendukung kelancaran perbaikan jalan di dekat rel kereta api,” terangnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Lebak Apendi menyatakan, Kementerian PUPR baru merespons keluhan masyarakat setelah ada kunjungan anggota Komisi V DPR RI. Padahal, sebelumnya masyarakat sudah beberapa kali menyampaikan keluhan terkait kondisi jalan nasional yang rusak parah di Lebak, di antaranya Jalan Rangkasbitung-Cigelung, Jalan Cikande-Rangkasbitung, Jalan Simpang-Bayah, dan Jalan Bayah-Cibareno. “Saya juga mempertanyakan anggaran pemeliharaan jalan nasional. Kenapa, jalan tersebut sampai hancur. Apakah dana pemeliharaannya tidak ada?” kata Apendi.

Apendi mengapresiasi langkah Bupati Iti Octavia Jayabaya dan mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya yang mengkritisi kinerja Kementerian PUPR di hadapan Komisi V DPR RI. Para wakil rakyat di Senayan harus tahu bagaimana kinerja Satker Kementerian PUPR di daerah. “Mestinya, perbaikan jalan rusak tidak menunggu adanya kunjungan dari Komisi V DPR RI. Jika ada jalan tidak layak dilalui, Satker Kementerian PUPR harus segera menanganinya. Jangan sampai menunggu sampai rusak parah dan jatuh korban akibat jalan itu,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mulyadi Jayabaya atau yang akrab disapa JB mengkritisi kinerja Satker Kementerian PUPR. JB menilai Satker Kementerian PUPR tidak bisa bekerja. Terbukti, dengan kondisi jalan nasional yang buruk, (tur/zis/ags)

Caption:
DIPERBAIKI: Sejumlah pekerja memperbaiki Jalan Rangkasbitung-Cigelung yang berada di Kampung Bangarum, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Selasa (21/2).