Published On: Mon, Feb 20th, 2017

Dinas Bantu Benih Padi

BERITABENAR.COM-Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Selatan akan memberikan bantuan benih padi kepada petani di Desa Sinar Pasemah, Kecamatan Candipuro yang sawahnya terendam banjir sejak Rabu (15/2) lalu. Bantuan benih akan diberikan melalui cadangan benih daerah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Selatan, Rini Ariasih mengatakan,saat ini pihaknya melalui U PT Pertanian Kecamatan Candipuro masih akan melakukan pendataan sawah yang rusak akibat terendam banjir.

Menurutnya, rata-rata padi petani yang terendam banjir akibat luapan sungai Way Kat ibung pada tanggul yangjebol masih berumur 30-40 hari. Pada usia tanaman tersebut, kata dia, bila terendam tiga hari atau lebih bisa dipastikan akan rusak.

“Sampai dengan Sabtu (18/2) kemarin luapan air masih merendam tanaman padi petani setinggi sekitar 30 centimeter,” ujarnya, Minggu (19/2).

Rini mengatakan, untuk data sementara luas lahan sawah petani yang terendam luapan sungai way Katibung mencapai 87 hektare. Dengan kondisi curah hujan yang masih cukup tinggi hingga memasuki awal pekan ini, ancaman luapan banjir masih akan ada.

“Sebelum tanggul yang jebol diperbaiki, ancaman banjirmasih akan ada. Apalagi curah hujan masih cukup tinggi. Ini perlu menjadi perhatian petani,” terangnya.

Lambannya penanganan kenisakan tanggul Way Katibung di Desa Sinar Pasemah, Kecamatan Candipuro dampaknya harus dirasakan oleh petani di desa tersebut Tingginya curah hujan dalam 10 hari terakhir, membuat luapan sungai Way Katibung merendam ratusan hektare lahan sawah. Akibatnya tanaman padi berumur 40 hari terancam gagal panen.

Menurut Kepala Desa Sinar Pasemah Puji Purwantoro Junaidi, banjir teijadi pada Rabu (15/2) malam. Hujan deras yang mengguyur wilayah Candipuro dan Sidomulyo membuat debit air Way Katibung meluap. “Luapan air sempat merendam sawah petani dengan ketinggian mencapai 60 centimeter.” kata dia, Sabtu (18/2).

Lambannya penangan tanggul yangjebol j uga disesalkan petani. Pasalnya petani harus menanggung akibat berupa tanaman padi mereka terendam banjir dan terancam rusak, (ded)

caption : LUAPAN SUNGAI – Warga menunjukkan lokasi persawahan yang terendam banjir akibat luapan sungai Way Katibung, Sabtu (18/2). Banjir merendam puluhan hektare padi berumur satu bulan.