Published On: Fri, Mar 4th, 2016

Dinas Tata Air Kerahkan Dua Truk Untuk Angkat Sampah Kulit Kabel!

yohanes chandra ekajaya

Berbagai upaya pemerintah lakukan untuk mencegah banjir di Ibukota. Mengejutkan, saat dilakuakn pembersihan di sekitar saluran air di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat banyak ditemukan sampah bekas kulit kabel.

Petugas kebersihan mulai bekerja dari pukul 09.00 WIB, dan dimulai dari saluran air di depan kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

S.M. Robert R selaku Kepala Bidang Sungai dan Pantai Sistem Aliran Tengah Dinas Tata Air mengungkapkan bahwa kini pihakya akan mulai bekerja hari ini, Jumat (4 Maret 2016), dan hanya akan membersihkan satu segmen yang berada di depan Kementerian ESDM. Bahkan untuk tugas yang berlangsung pada hari ini Dinas Tata Air menurunkan 20 orang petugas dinas. Setelah mendapatkan tumbukan kabel yang banyak itu, maka pihaknya menurunkan dua truk untuk mengangkut sampah kulit kabel tersebut.

“Hari ini, cukup satu segmen dulu. Tiga meteran dulu lah, tapi tentunya harus sampai benar-benar bersih,” kata Robert.

Untuk temuan sampah kulit kabel di saluran air hari ini memang tidak sebanyak penemuan sampah dihari sebelumnya. Tapi, pihaknya menyatakan merasa kesulitan untuk mengangkut sampah-sampah kulit kabel tersebut. Bagaimana tidak, kulit kabel itu penuh dengan lumpur keras, jadi harus diangkat dengan sekuat tenaga.

“Kabelnya sudah bercampur lumpur, jadi susah menariknya ke atas,” imbuhnya.

Masalah belum selesai hanya berkutit pada pengangkutan saja, Robert menambahkan bahwa pihaknya juga harus tau dimana saja letak kulit kabel tersebut. Perlu penelusuran lebih jauh untuk menemukan lebih banyak sampah kulit kabel. Oleh karena itu, maka Dinas Tata Air berusaha dulu membersihkan sampah yang masih ada di saluran air.