Published On: Thu, May 19th, 2016

Dirjen Pajak Siap Penjarakan Para Penunggak Pajak!

kemenkeu-pesan-1-blok-lapas-salemba-untuk-penunggak-pajak

Pajak merupakan salah satu pemasukan negara yang paling berperan demi berjalannya roda pemerintahan. Oleh karena itu, Direktorat Jendral Pajak mulai menjalankan tindakan tegas bagi masyarakat maupun perusahaan yang tidak taat akan pajak. Bahkan Direktorat Jendral Pajak siap memenjarakan siapapun orang yang seringkali menunggak pajak.

Menurut Mekar Satria Utama selaku Kepala P 2 Humas Dirjen Pajak, hingga saat ini ada belasan orang yang sudah dijebloskan ke penjara. Dua belas orang sudah dilepaskan karena melunasi pembayaran pajak. Sisanya tercatat ada lima orang yang masih terkurung dipenjara karena pajak.

Abdul Karim selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Salemba membenarkan pernyataan sang Humas Dirjen Pajak tersebut. Menurutnya saat ini terdapat tiga orang tahanan yang dijebloskan di Blok Saroso lantai 2 Lapas Salemba. Satu diantaranya merupakan orang asing yang sudah mendekam dipenjara selama enam bulan.

“Sebelum masuk ke lapas, sesuai prosedur, pasti kita cek kesehatan dan lain-lain. Di sini ada tiga wajib pajak yang disandera, satu orang di antaranya merupakan WNA Korea. Sementara dua WNI tersebut salah satunya dirut PT EJ yang berinisal ARF,” ungkap Abdul seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Detik (19/5/2016).

Untuk keluar dari tahanan, tentunya para penunggak pajak tersebut diwajibkan untuk melunasi semua hutang-hutangnya. Pihak lapas sendiri mengaku program yang diberlakukan oleh Dirjen Pajak sangat baik terutama demi memberikan efek jera terhadap para penunggak pajak.