Published On: Mon, Nov 9th, 2015

Ditemukan Anak Gizi Buruk di Jakarta, Ahok Minta RT Dipecat!

Bukan hanya di daerah terpencil yang jauh dari pengawasan, baru-baru ini di daerah Jakarta tepatnya Cilincing ditemukan kasus anak dalam keadaan gizi buruk. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja yang biasa di panggil Ahok langsung berkomentar bahwa kasus itu merupakan kesalahan langsung dari ketua RT nya sendiri yang tidak mengetahui tiap masalah yang dialami warganya.

“Harusnya sebagai RT/RW harus berfungsi untuk urusan seperti ini,” kata Basuki Tjahaja di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (9 November 2015).

Ahok juga meminta agar elemen masyarakat yang mempunyai tugas harus cekatan dalam menangani masalah. RT dan RW seharusnya juga jangan sampai lalai dengan hal sepele seperti ini, dengan adanya kartu BPJS harusnya RT bisa mensosialisasikan fungsi kartu tersebut agar warga yang seperti ini bisa langsung dibawa ke rumah sakit.

“Kamu (RT/RW) yang hanya mengurus 30 rumah tangga masa tidak tahu menahu keadaan warganya sendiri. Gila saja masa ketua RT seperti itu. Kalau masih ada RT/RW yang speerti itu sudah pecat saja,” tegas Ahok seperti yang dikutip dati metrotvnews.

Padahal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempunyai program “Ketok Pintu Layani dengan Hati” untuk mengawasi masalah ibukota. Tapi sangat disayangkan jika di DKI Jakarta yang terbilang modern masih terdapat warganya menderita gizi buruk. Dengan kejadian seperti tiu, Ahok berharap kedepannya RT/RW bisa memberikan pengawasan lebih untuk setiap warganya.

Kini anak yang terdata memiliki gizi buruk itu sedang di rawat diRumah Sakit Umum Daerah Koja, Jakarta Utara. Anak yang berumur 9 tahun itu tinggal hanya bersama neneknya di Jalan Cilincing Lama I, Gang Kelapa Nunggal II, RT 06/03 Cilincing, Jakarta Utara. Ahok ingin masalah ini bisa diselesaikan oleh sang Rt/RW setempat dan tidak terjadi lagi masalah ini di Jakarta lainnya.