Published On: Thu, Mar 10th, 2016

Dokumen Penting Milik ISIS Jatuh ke Tangan Media Inggris

yohanes chandra ekajaya

Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kini dalam keadaan waseas, bagaimana tidak puluhan ribu dokumen yang berisikan informasi penting soal keanggotaannya sudah ada di tangan Media Inggris. Dokumen itu berisikan semua data anggota ISIS yang berisikan nama-nama, alamat, nomor telepon dan daftar kontak keluarga.

Ironisnya, dokumen-dokumen penting itu di dapatkan Media Inggris, Sky News langsung dari mantan anggota ISIS. Seperti yang Berita Benar lansir dari AFP, Kamis (10 Maret 2016), dokumen itu ada di dalam sebuah memory card yang berhasil di curi dari pihak keamanan ISIS atau biasa yang disebut polisi kemanan internal ISIS. Dokumen itu ada sekitar 22 ribu dokumen.

Pada Media Inggris, Sky News juga menyebutkan bahwa dokumen itu berbentuk formulir dan bagis siapa saja yang ingin bergabung dengan ISIS harus mengisi formulir itu sebagai tanda keanggotaan dengan ISIS. Dokumen penting itu mencatat informasi penting dari anggota yang bergabung sedikitnya berasal dari 51 negara. Didalam dokume itu juga terdapat informasi sejumlah pelaku jihad yang berasal dari wilayah Eropa bagian utara, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Utara dan juga Timur Tengah.

“Kami telah memberikan informasi ini kepada otoritas yang terkait,”sebagiamana tertulis pada situs resmi Sky News.

Tapi setelah berita ini turun belum ada tagggapan dari pemerintah Inggris terkait dokumen milik ISIS tersebut.

Perihal terbongkarnya informasi anggota ISIS tersebut, Chris Phillips selaku Direktur Pelaksana Konsultan Pemberantasan Terorisme pada Kantor Persiapan dan Perlindungan Keamanan Internasional mengemukakan pendapatnya dengan adanya pembocoran ini tentunya akan menginspirasi anggota ISIS lainnya untuk membelot. Di sisi lain, sebut Phillips, dokumen-dokumen itu bisa digunakan untuk persidangan di masa mendatang dan bisa membantu menghentikan aliran pelaku jihad dari Eropa dan AS yang ingin bergabung ISIS.