Published On: Wed, Apr 6th, 2016

Edarkan Kunci Jawaban UN Kepada Siswa, Kepala Sekolah dan Pegawai TU Diciduk Polisi!

Kunci-jawaban-UN-2015

Polres Soppeng yang dibantu langsung oleh Polrestabes Makassar berhasil menangkap tiga orang pengedar kunci jawaban soal ujian Nasional. Ketiga tersangka tersebut antara lain Fatahuddin selaku Kepala Sekolah SMA Makassar Raya Mattawang selaku Kepala Sekolah SMA Citra Mulia Makassar, dan Ansar yang saat ini tercatat sebagai staff tata usaha di SMA Makassar Citra Raya.

Ketiga pelaku tersebut menjadi incaran pihak Kepolisian0 berdasarkan keterangan pelaku sebelumnya yang tertangkap basah menyebarkan kunci jawaban Ujian Nasianonal di Kabupaten Soppeng, Makassar. Salah satu pelaku yang ditangkap yakni Fatahuddin menyatakan jika kunci jawaban tersebut ia buat demi meluluskan para siswanya yang sedang mengikuti ujian nasional.

“Lembar-lembar kunci jawaban itu bukan untuk saya jual atau disebarkan ke orang lain, tapi hanya untuk siswa saya yang sedang ujian,” ungkap Fatahuddin saat dimintai keterangan.

“Saya takut kalau banyak siswa yang tidak lulus. Kalau banyak yang tidak lulus maka peminat untuk masuk ke sekolah di tahun ajaran baru pasti akan menurun,” tambahnya seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Kompas (6/4/2016).

Fatahuddin mengaku kunci jawaban tersebut bisa ia olah berdasarkan naskah soal yang berhasil ia dapatkan saat penyortiran. Soal yang berhasil ia dapatkan disebarkan langsung ke Mattawang dan Ansar untuk diolah menjadi kunci jawaban yang siap di edarkan kepada para siswa. Kunci jawaban yang berhasil mereka buat antara lain mata pelajaran Sosiologi, Biologi, Bahasa Indonesia, Metematika, Goegrafi, dan juga Kimia.

(fjr)