Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Fintech Siap Gerus Pasar Pembiayaan

BERITABENAR- Perusahaan fintech atau financial technology, mulai ekspansi ke Makassar. Siap mengambil sebagian kue pembiayaan yang dikuasai perbankan. Khususnya segmen mikro.

BISNIS kredit mikro bank-bank besar dan BPR di Sulawesi Selatan, siap-siap dapat pesaing baru. Perusahaan fintech, ikut bersaing di segmen mikro.

Salah satu perusahaan fintech, Uangteman.com, menjanjikan kemudahan kredit tanpa agunan. Ini yang membuatnya yakin bisa menyaingi bank. Syarat mengambil kredit di Uangteman mudah, hanya melampirkan KTP dan foto selfie, permohonan langsung diproses secara online.

Selain itu, kemudahan lainnya tidak mensyaratkan BI Checking, serta bisa dilakukan perpanjangan waktu pelunasan utang.

Head of Marketing and Communication PT Digital Alpha, Donna Arifin, menjelaskan, selama ini banyak masyarakat yang ingin kredit di bank, namun aksesnya sulit dengan persyaratan berbelit-belit. Donna yakin, dengan pinjaman secara online ini, literasi keuangan di kalangan menengah ke bawah semakin meningkat.

“Makassar sangat potensial, sehingga kami yakin bisa bersaing dengan perbankan,” ujar Donna, saat peluncuran uangteman.com di Aston Ho-
tel, Rabu, 22 Februari.

Menurut Donna, khusus untuk nasabah di Makassar, pihaknya menawarkan diskon biaya layanan sebesar 50 persen. Begitu juga untuk nasabah lainnya yang mendownload aplikasi Uang Teman di Android maupun iOS. “Diskon ini berlaku hingga 16 Maret 2017 mendatang,” tuturnya.

Deputy CEO Uangteman com, Rio Quiserto, mengungkapkan, kehadiran perusahaan fintech ini diharapkan jadi pendorong utama pertumbuhan UMKM di SulseL Menurutnya, jika UMKM berkembang, maka pertumbuhan ekonomi semakin terdongkrak.

Perkembangan teknologi kata dia, membuat peranan UangTeman.Com terus berkembang membangun ekosistem akses keuangan. “Fintech ini paling cocok untuk usaha mikro, kami yakin sektor usaha bisa tumbuh lebih cepat,” tuturnya.

Chief Technology and Pro-duet Officer UangTeman, Darmawan Zaini, menjelaskan, tahun ini PT Digital Alpha Indonesia (UangTeman. Com), menargetkan transaksi penyaluran kredit secara keseluruhan Rp1OO miliar.

Sebanyak 5-10 persen di antaranya atau Rp5 miliar hingga Rp 10 miliar, ditargetkan beredar di Makassar. “Target di Makassar cukup tinggi, pasarnya cukup besar terutama mikro,” kuncinya. (dir/sbi)

Caption:
TRANSAKSI ONLINE. Chief Technology and Product Officer UangTeman, Darmawan Zaini (kedua kiri) bersama Director Marketing and Communication UangTeman, Donna Arifin (kanan) di sela-sela launehing aplikasi UangTeman, di Aston Hotel, Makassar. Rabu. 22 Februari.