Published On: Fri, Feb 12th, 2016

Gara-gara Ikan Tongkol, 53 Santri Harus Dilarikan di Rumah Sakit

yohanes chandra ekajaya

Pesantren Tahfizh Qur’an Yatim Nurani dihebohkan dengan puluhan santrinya yang disinyalir keracunan makanan. Tepatnya pada Jumat (12 Februari 2016) pagi tadi, puluhan santri mersa mual dan muntah-muntah setelah menyanta ikan tongkol.

Melihat keadaan ini, pihak Pesantren langsung para santri yang bersekolah di Jl. Wates Km 8, Gamping, Sleman, ini langsung dilarikan ke rumah sakit PKU Gamping. M. Asfal Sadad selaku pengurus Pesantren Nurani Insan mengatakan para santri keracunan setelah menikmati hidangan ikan tongkol dan sayur asem. Ustad sendiri menyebutkan ada sekitar 53 santri yang keracunan. Beliau pun menuturkan ikan tongkol yang dimasak biasanya dibeli di Pasar Bibis Godean.

“Mereka makan sarapan pagi pada jam 6, lalu mereka mulai merasa mual pada jam 7 an. Mereka muntah-muntah setelah makan ikan tongkol,” ujar Sadad.

Sebanyak 53 santri dinyatakan mengalami, sebagian dari mereka sudah diperbolehkan pulang. Tapi, yang lainnya masih dalam keadaan lemas dan masih dirawat inap di PKU Muhammadiyah Gamping.

Asfal berharap insiden keracunan ini tidak berlangsung lama, agar para santrinya bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya.

“Semoga mboten (tidak) parah, yang di IGD masih, dan yang diopname 15 santri,” ujarnya, seperti yang Berita Benar lansir dari Liputan, Jumat (12 Februari 2016).