Published On: Tue, Mar 15th, 2016

Gara-gara Pungutan Liar, Ahok Pecat Kepala Dinas Kebersihan!

yohanes chandra ekajaya

Kabar mengejutkan datang lagi dari Gubernur DKI Jakarta, pasalnya Basuki Tjahaja Purnama yang lebih akrab dipanggil Ahok itu akan memecat kepala dari seksi di Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Ahok menyebut bahwa kuat dugaan mereka sering meminta uang ke sopir truk yang sedang bertugas ke Bantar Gebang, Bekasi.

“Mulai minggu depan saya akan memecat kepala seksi kebersihan. Dia meminta uang kepada sopir pengangkut sampah,”ujar Ahok.

Ahok mengungkapkan bahwa oknum Dinas Kebersihan sering melakukan pemungutan liar mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Oknum kebersihan akan meminta uang kepada sopir truk yang mengangkut sampah yang masuk dari kawasan swasta, jadi tak heran banyak dana anggaran yang masuk ke kantong pribadi mereka.

“Untuk saat ini saya belum tahu kepala seksinya. Tapi, biasanya sampah swasta yang ditaruh banyak diminta pungutan dan msuk ke kantong mereka. Mereka ambil,” tutur Ahok.

Gubernur DKI Jakarta itu juga menambahkan bahwa terbongkarnya pemungutan liar ini berkat adanya smart city. Dengan smart city inilah semua truk yang beroperasi tidak sesuai jalurnya bisa terdeteksi. Bukan hanya itu, Ahok juga mengaku bahwa dirinya menerima sejumlah laporan masuk terkait pemungutan liar tersebut.

“Dengan ini smeua bisa kelihatan langsung. kita bisa melihtanya dengan sistem smart city. Kami juga punya GPS. Kami akan memecat pihak yang bersangkutan,”tegas Ahok.