Published On: Mon, Jan 25th, 2016

Garuda Indonesia Siap Rambah Rute Jakarta-Purbalingga

Garuda Indonesia siap melayani rute penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga jika memang wacana pengembangan Pangkalan TNI AU Wirasaba di Purbalingga, menjadi bandara komersial terrealisasikan. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Muhammad Arif Wibowo di Purworkerto beberapa waktu yang lalu.

Ia juga menambahkan bahwa Garuda Indonesia memang telah siap secara pasar jika memang kesiapan bandara telah benar-benar matang. Jadi pihak Garuda Indonesia tinggal menunggu saja, pesawat-pesawat seperti apa saja yang memang cocok dengan spesifikasi-spesifikasi yang sesuai dengan pesawat yang dimiliki oleh garuda. Saat ini Garuda Indonesia memiliki pesawat ATR 72-600, jadi landasan pacu Bandara Wirasaba harus bisa mencukupi dan memiliki navigasi dan sarana pendukung yang menyokong.

chandra ekajaya 2

Memang di sekitar situ ada sebuah bandara yaitu Bandara Tunggul Wulung yang berada di Kabupaten Cilacap. Namun sayangnya bandara tersebut tidak dapat dikembangkan karena ada banyak sekali menara-menara PLTU di sekitar bendara tersebut. Sementara landasan pacu bandara hanya mencapai 1.400 meter saja.

Untuk masalah pasar sendiri, Ia menilai kalau ini sangatlah potensial jika dikembangkan untuk ke depannya. Hal ini dikarenakan adanya 4 kabupaten yang berpusat di wilayah tersebut. Prospek yang dilihat disini juga sangatlah nyata jika dibandingkan dengan transportasi darat yang memang telah ada sekarang. Jika dibandingkan dengan dengan perjalanan darat yang memakan waktu sekitar 7 jam menggunakan jalan raya, atau 5 jam menggunakan kereta api. Tentu saja pesawat bisa dijadikan opsi lain untuk mereka yang membutuhkan waktu lebih cepat untuk menjangkau tempat tersebut.

Selain itu, jika melihat para penumpang eksekutif setiap harinya yang cukup padat dengan harga bandrol tiket Rp 350 ribu – Rp 450 ribu, bukan tidak mungkin Garuda Indonesia mengambil pasar tersebut dengan memberikan tarif Rp 700 – Rp 800 dengan waktu tempuh yang lebih cepat tentunya. “Untuk orang-orang yang menghargai waktu, tentu saja pewasat menjadi pilihan yang tepat,” tambah Arif.