Published On: Fri, Mar 18th, 2016

Geledah Lapas, Petugas BNN Temukan Terong di Bawah Bantal Tahanan Wanita!

yohanes chandra ekajaya

Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali melakukan penyisiran ke berbagai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Kini BNN terjun langsung ke Lapas Wanita Kelas 2A Sukun Kota Malang.

Untuk mencegah pengedaran Narkotika, BNN menggeledah sel para tahanan. Tapi, hasil pengecekan kali ini terbilag nihil, karena BNN tidak menemukan Narkotika maupun jenis-jenis obatan berbahaya di sel tahanan. Namun, disamping itu justru petugas menemukan penemuan benda yang dilarang masuk ke dalam tahanan.

Dari lima blok yang petugas geledah, ada beberapa barang yang dianggap terlarang yakni berupa paku, cermin, lem kayu, celana, obat-obatan hingga terong. Barang-barang ini dianggap berbahaya, apalagi jika barang-barang itu digunakan sebagai alat untuk meloloskan diri. Untuk penemuan terong, petugas menemukannya dibawah kasur tahanan blok 5.

Ngatirah selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Wanita 2A Sukun Kota Malang mengatakan semua barang yang ditemukan petugas BNN langsung disita. Barang-barang itu tidak boleh masuk ke dalam sel tahanan.

“Lapas sudah menyediakan segala kebutuhan warga binaan. Jika mereka butuh sesuatu bisa memintanya ke petugas,”ungkap Ngatirah.

Ngatirah mengemukakan bahwa dirinya akan terus mengusut penemuan yang ditemukan petugas BNN, darimana barang-barang itu bisa mereka peroleh dan digunakan.

“Nanti kami akan usut darimana mereka memperolehnya, dan untuk apa kebutuhan barang-barang itu,”katanya.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Petugas menyatakan bahwa keseluruhan tahanana negatif obat-obatan terlarang. Sebanyak 17 petugas dan 19 tahanan yang diperiksa, keseluruhan hasilnya negatif. Pemeriksaan tersebut mewakili 388 penghuni Lapas.