Published On: Tue, Dec 15th, 2015

Gelombang Besar Ancam Perairan Bangka Belitung

Perairan Bangka Belitung mendapatkan peringatan dini adanya potensi angin kencang dan gelombang setinggi lima meter dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkal Pinang.

“Gelombang yang akan terjadi di Selat Karimata bagian selatan itu akan memiliki kecepatan angin yang bisa mencapai 38 kilometer perjam,” ungkap Deas Achmad Rivai selaku Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkal Pinang, seperti yang Berita Benar kutip dati Antara.

Untuk mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi itulah, maka pihaknya telah mengimbau agar nahkoda kapal dan pengguna jasa transportasi laut lainnya lebih meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di perairan.

“Kita sudah memberikan peringatan kepada pengguna jasa perhubungan laut terutama para nelayan untuk tetap waspada dengan situasi cuaca yang buruk, karena hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan laut dan tentunya aka mengancam keselamatan jiwa,” kata Achmad.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga sudah mencatat adanya peringatan dini ketinggian gelombang di perairan Bangka Belitung lainnya yaitu yakni Selat Gelasa mencapai empat meter.

“Gelombang juga akan berpotensi tinggi terjadi di utara dan selatan Pulau Bangka dengan ketinggian mencapai 2,5 meter, dan kecepatan angin berkisar antara 13-32 kilometer per jam,” katanya.

Berdasarkan pantauan satelist cuaca, kondisi untuk daratan Bangka Belitung sendiri masig berpeluang akan terjadinya hujan dengan intensitas yang ringan hingga sedang. Hujan ini akan terjadi di daratan dengan disertai angin berkecepatan enam hingga 18 kilometer per jam dengan suhu udara mencapai 32 derajat celcius.