Published On: Thu, Apr 28th, 2016

Gugatan Warga Bidara Cina Terkait Sodetan Ciliwung Dikabulkan PTUN

434910_620

Warga Bidara Cina sepertinya sudah bisa bernafas lega. Sebab gugatan 59/G/2016/PTUN-JKT yang dilayangkan oleh mereka sudah dikabulkan oleh pihak Peradilan Tata Usaha Negara. Seperti berita yang telah beredar sebelumnya, gugatan tersebut berisi keluhan warga terkait lokasi sodaten kali ciliwung yang berubah tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Eni Nuraeni selaku Panitera pengganti dari PTUN mengkonfirmasi kebenaran kabar kali ini. Menurutnya, gugatan warga Bidara Cina tersebut sudah dikabulkan oleh majel hakim melalui amar putusannya. Keputusan tersebut diambil berdasarkan berbagai pertimbangan salah satunya yakni pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tidak muncul saat persidangan berlangsung.

Meskipun dinyatakan kalah dalam persidangan, namun sang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masih bersikeras untuk melanjutkan projek sodetan kali Ciliwung tersebut. Selain itu, Ahok juga akan mengajukan kasasi terhadap putusan PTUN tersebut.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Detik (28/4/2016), Yayan Yuhanah selaku Kepala Biru Hukum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan jika saat ini pihaknya telah mengatur dan mempersuapkan langkah untuk kasasi. Materi kasasi yang dipersiapkan tersebut berdasarkan pertimbangan hakim yang memberikan putusan akan perkara tersebut.

Terkait terkabulnya gugatan warga Bidara Cina, Yusril Izha Mahendra yang merupakan calon rival Ahok di Pilkada nanti memberikan sindiran pedas terhadap sang Gubernur.

“Ahok menyadari ketika kami membela masyarakat di Bidara Cina (Jakarta Timur), dia kan kalah sama kita. Sementara ini sudah 1-0,” ungkapnya.