Published On: Thu, Sep 1st, 2016

Hadir di Penggusuran Rajawati, Ratna Sarumpaet Disindir Ahok

Johanes Chandra Ekajaya

Pagi ini (1/9/2016), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menertibkan kawasan pemukiman warga yang terletak di kawasan RT 09 RW 04, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Kawasan pemukiman yang terdapat puluhan rumah warga tersebut di gusur karena dianggap bangunan liar dan melanggar peraturan.

Saat proses penggusuran, aktivis Ratna Sarumpaet datang untuk memantau keadaan sekitar lokasi. Menurut Ahok, Ratna Sarumpaet memang selalu hadir dimana-mana terutama di lokasi penertiban. Tidak hanya Ratna Sarumpaet saja, ketika penggusuran tersebut sedang berlangsung salah seorang anggota DPRD DKI yakni Syarif juga ikut memantau.

“He-he-he. Bu Ratna mana ada enggak ada. Ada di mana-mana kok. Kayak Syarif juga gitu kan. Ya sudahlah,” Sindir Ahok di Balai Kota DKI Jakarta seperti yang dikutip berita benar dari laman Merdeka (1/9/2016).

Saat penggusuran berlangsung, situasi antara warga dan petugas sempat memanas. Alhasil, bentrokan pun terjadi dan situasi pun mulai ricuh. Ditengah-tengah kondisi tersebut, Syarif yang merupakan anggota DPRD DKI dari partai Gerinda mencoba untuk menenangkan keadaan. Ia meminta para Satpol PP untuk menghentikan proses pembongkaran tersebut.

Salah seorang warga Rajawati mengaku jika pihaknya sangat menolak penertiban yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut. Sebab, jika direlokasi ke Rusun Marunda, Jakarta Utara, warga mengaku sangat keberatan dengan jarak tempuh dan juga uang sewa rusun.