Published On: Fri, Mar 11th, 2016

Harga Cabai Segar Mahal, Warga Bima Rela Makan Cabai Busuk!

Yohanes Chandra Ekajaya

Warga Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, mengeluhkan harga cabai dipasaran saat ini. Bagaimana tidak, harga cabai segar saat ini melonjak hingga Rp. 80.000 per kilogramnya. Mau tidak mau, sebagian warga pun memilih alternatif lain walaupun hal tersebut bisa dibilang cukup ekstrim.

Salah seorang warga Bima bernama Anisah menuturkan jika harga cabai segar saat ini sangatlah tinggi bahkan setara dengan harga daging. Oleh karena itu ia lebih memilih alternatif lain dengan cara mengkonsumis cabai busuk yang harganya jauh lebih murah dibandingkan cabai segar.

Cabai dalam kondisi busuk tersebut dijual dengan harga jauh lebih murah yakni Ro. 20.000 per kilogram. Sedangkan cabai segar, harganya anjlok hingga Rp. 80.000 kilogram. Meskipun cabai yang dibeli busuk, Anisah mengaku punya trik tersendiri agar cabai tersebut bisa aman dikonsumsi oleh ia dan juga keluarganya.

“Cabai itu dicuci dengan air panas yang sudah dihangatkan. Setelah dicuci hingga bersih, cabai itu dikeringkan, kemudian digiling dan digoreng dengan sedikit minyak goreng. Lalu siap dijadikan sebagai bumbu tambahan,” ungkap Anisah seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Kompas (11/3/2016).

Salah satu pedagang Cabai busuk di pasar Eaya, Bima mengaminkan apa yang diutarakan oleh Anisah. Menurut pedagang tersebut, ia berhasil mejual cabai busuk hingga 8 kilogram per harinya. Sebagian besar konsumennya adalah para pedagang warung makan dan juga bakso.

Harga cabai segar yang melambung tinggi tersebut kabarnya dampak dari terbatasnya pasokan cabai. Sudah tiga hari stok cabai di pasar sudah sangat menipis.