Published On: Mon, Feb 27th, 2017

Harga Mahal, Canangkan Gertam Cabai

BERITABENAR-Melonjaknya harga cabai dapat diminimalisasi dampaknya di tingkat rumah tangga. Caranya, dengan menanam tanaman cabai di pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Hal itulah yang mendasari dicanangkannya Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) di Nanggungan, Pacitan, Jumat (24/2) lalu. Dengan digalakannya gerakan tersebut, dinarap gejolak harga cabai tidak terlalu terdampak di masyarakat. ‘ Kenaikan harga cabai itu sudah gila-gilaan. Sementara kebutuhan rumah tangga terhadap cabai itu sangat tinggi,” ujar Kepala Dinas Pangan Pacitan, Bambang Supriyoko.

Menurut Bambang, lonjakan harga cabai di pasaran sulit ditekan. Sudah sejak lima bulan terakhir harga cabai bertahan tinggi, meski naik turun. Bahkan, harganya sempat melebihi harga daging sapi Per pekan lalu, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pacitan, harga cabai masih awet di angka Rp 130 ribu per kilogram.

Karena itu, berbagai upaya dilakukan agar kebutuhan akan cabai tetap dapat terpenuhi. “Upaya pemenuhan kebutuhan cabai itu mau tidak mau harus melibatkan masyarakat Sebab, cabai nyatanya juga tidak sulit ditanam di Pacitan,” terangnya

Bupati Indartato, sepakat bahwa penerapan Gertam Cabai dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan cabai rumah tangga. Karena harga cabai masih tinggi, Gertam Cabai diupayakan sesegera mungkin diterapkan di masyarakat

Momentum perayaan Hari Jadi ke-272 pun dipilih sebagai waktu yang tepat meluncurkan program tersebut. ‘Mengupayakan penanaman cabai itu lewat dua jalur. Untuk kebutuhan rumah tangga, melalui Dinas Pangan, sementara yang produksi dalam skala besar, melalui Dinas Pertanian (Dis-perta). Keduanya harus dapat berjalan agar masyarakat Pacitan dapat tetap menikmati cabai,” jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Luki Indartato, menyebut PKK siap menjadi promotor Gertam Cabaie. Dia optimis masyarakat dapat menerima dan segera menerapkan. Sebab, menanam cabai dinilainya tidak sulit dilakukan dalam skala rumah tangga.

Cuaca Pacitan diklaim cocok membuat cabai tumbuh subur. Keunggulan lainnya menanam cabai di adalah untuk memperindah pekarangan rumah. ‘Tanaman cabai itu bisa jadi pemanis pekarangan. Selain pemanis, hasilnya pun bisa dipetik untuk pemenuhan keoutuhan konsumsi,” ujar Luki. (naz/ip, rif)

Caption:

PETIK: Bupati Pacitan, Indartato, dan Ketua Tim Penggerak PKK Pacitan, Luki Indartato, memetik cabai saat pencanangan aksi Gerakan Tanam Cabe (Gertam Cabe) di Nanggungan, Pacitan, Jumat (24/2).