Published On: Wed, Jun 8th, 2016

Harga Pangan Meroket, Jokowi Panggil Menteri-menteri Terkait

1239136IMG-20160511-WA006780x390

Harga pangan yang meroket saat memasuki bulan Ramadhan wajib di anstisipasi oleh pemerintah. Oleh karena itu, Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia bersama sang wakilnya yakni Jusuf Kalla memanggil para menteri-menteri terkait.

Menteri yang dipanggil terkait harga pangan yang meroket saat ini antara lain Darmin Nasution selaku Menko Perekonomian, Rini Siemarni selaku Menteri BUMN, Thomas Lembong selaku Menteri Perdagangan, Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian dan Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Keuangan. Nantinya di rapat tersebut Presiden dan jajarannya akan membahas strategi agar harga pangan tak meroket.

“Pak Presiden meminta kita bersama-sama menjaga harga pangan, khususnya beras, cabai, bawang, minyak goreng. Minyak goreng kan stok kita 1,8 juta ton kebutuhan kita 400 ton, artinya stok kita 4 kali lipat, ayam 2 kali lipat, beras 2 kali lipat, jadi stok kita aman,” unkap Amran selaku Menteri Pertanian seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Detik (8/6/2016).

Seperti yang ia sebutkan, saat ini beberapa bahan pangan memang terbilang aman karena pasokan yang masih terjaga. Namun sayangnya, untuk daging sapi harga jualnya terpatut cukup tinggi sama seperti gula dan bawang merang. Untuk mengatasi hal tersebut, untuk itu pemerintah akan mencari solusi lain selain impor dari luar negeri.