Published On: Tue, Mar 14th, 2017

Bersiap Menghadapi UNBK

BERITABENAR- UNBK atau kerap diberi nama UJIAN Nasional Berbasis Komputer akan diselenggarakan beberapa minggu kedepan. Jadwal UNBK untuk SMK direncanakan tanggal 3-6 April 2017. Jadwal UNBK untuk kategori SMA/MA adalah 10-13 April 2017. Sementara untuk kategori SMP akan dilaksanakan pada tanggal 2-16 Mei 2017 secara bergelombang. Mata pelajaran yang akan diujikan untuk Jenjang pendidikan SMA/MA adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika dan salah satu pelajaran pilihan IPS/IPA/bahasa.

Persiapan mengikuti UNBK telah dilakukan para siswa dan guru secara intensif. Banyak siswa yang menggenjot kesiapan menghadapi UNBK dengan mengoptimalisasikan kegiatan pembelajaran di luar sekolah, dari mulai les private untuk mata pelajaran yang diujikan sampai mengikuti bimbingan belajar yang terprogram. Lembaga-lembaga penyediajasa bimbingan belajar yang profesional juga semakin rajin menggelar try out untuk mengukur kemampuan peserta didiknya.

Memacu

Tidak ketinggalan guru-guru mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK juga mulai mengakselerasikan penuntasan materi pelajaran yang diberikan kepada siswa. Tujuannya, agar siswa yang mau mengikuti UNBK memiliki kesiapan pemahaman kognitif yang utuh. Upaya menggembleng siswa dengan serangkaian trik pengerjaan materi soal-soal UNBK juga digiatkan di ruang kelas.

Sedangkan Kemendikbud sebagai penyelenggara juga telah memacu persiapan pelaksanaan UNBK dengan mengeksekusi beberapa rencana strategis yang telah tersusun. Dari mulai skema pencairan anggaran sesuai DIPA APBN, pemetaan lokasi berdasar kapasitas siswa dan sekolah, pemantapan soal yang diujikan, penyiapan piranti lunak dan khususnya perangkat teknologi komputer, manajemen kelola di tingkat lokal dan sebagainya.

Harapannya UNBK berjalan sesuai tujuan dan sasaran yang ditetapkan dalam agenda keprograman Kementerian pendidikan. UNBK diharapkan berlangsung sukses tanpa kecurangan dan tanpa persoalan dalam aksesibilitas perangkat tekologi yang digunakan. UNBK jangan sampai mengeliminasi hak siswa untuk bisa mengerjakan soal ujian dengan kenyamanan dan konsentrasi yang utuh.

Pelaksanaan UNBK tahun 2017 menjadi ‘batu ujian’ bagi Kemendikbud di era kepemimpinan Muhadjir Effendy. Apakah Kemendikbud mampu mendesain, melaksanakan dan mengawal UNBK dengan mengedepankan asas transparansi, profesionalitas dan tentu saja akuntabilitas. UNBK adalah titik pijak untuk penyelenggaraan Ujian Nasional yang lebih berkualitas yang mampu dijadikan tolok ukur dalam penjaminan mutu pendidikan.

Sarana Prasarana

UNBK yang berkualitas sendiri harus memenuhi aspek persyaratan minimal. Pertama, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung yang terakses oleh seluruh siswa yang mengikuti UNBK Sarana dan prasarana yang mendorong optimalisasi kemampuan siswa dalam pengerjaan soal-soal ujian nasional. Jangan sampai sarana dan prasarana yang disediakan tidak mencukupi bagi seluruh siswa sehingga terjadi penundaan UN atau hak siswa yang dkorbankan. Sarana-prasarana untuk penyelenggaraan UNBK yang wajib tersedia dengan ketercukupan dan layak adalah komputer dan perangkat shoftwarenya.

Kedua, manajerial penyelenggaraan UNBK terbebas dari kepentingan pragmatis yang sekadar berorientasi ‘menggugurkan’ kewajiban. Selama ini harus diakui bahwa pengalaman penyelenggaraan UN selama beberapa tahun terakhir terkesan ala kadarnya. UN dilaksanakan untuk kepentingan menyerap alokasi anggaran Rp 500 miliar yang tuntutannya pada pelaporan teknis pengelolaan keuangan bukan pada capaian kualitatif UN. Sudah saatnya menajerial penyelenggaraan UNBK berorientasi pada visi, misi, target dan keluaran yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan nasional.

Ketiga, kepatuhan terhadap asas kejujuran kolektif. Penyelenggaraan UNBK tahun 2017 harus terbebas dari praktik kecurangan yang dikondisikan. Kecurangan yang dikondisikan sering terjadi dalam era UN periode 2005-2012 dimana banyak pihak yang menjadi aktor kecurangan: dari guru, siswa, pimpinan sekolah sampai elite birokrasi pendidikan. UNBK tahun 2017 adalah momentum untuk menguatkan prinsip kejujuran dalam dunia pendidikan.

UNBK memang menjadi pencerminan kualitas pembelajaran dari dimensi kognitif. Kedepannya metode dan orientasi UNBK bisa dikombinasikan dengan alat ukur kualitas pendidikan yang lain dalam kepentingan mengembangkan (menguji) kecakapan psikomotorik anak didik. *-e

*) Ari Kristianawati SPd, Guru SMAN 1 Sragen.