Published On: Fri, Feb 12th, 2016

Inilah Cara Jitu Ridwan Kamil Perbaiki Mental Jajaran Birokratnya

yohanes chandra ekajaya

Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa Kang Emil dinilai sudah cukup berhasil menjadi Walikota Bandung. Bagaimana tidak, ia berhasil merombak Bandung besar-besaran mulai dari tata kota hingga Birokratnya. Hasil predikat A dari evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) 2015, sekan menjadi ajang pembuktian mulusnya sistem kepemimpinan yang diterapkan Kang Emil. Walaupun sudah meraih penghargaan tersebut, ternyata ia masih belum puas. Menurutnya masih banyak yang harus diperbaiki dan dibenahi.

Untuk membenahi mental birokrat Kota Bandung, kabarnya Kang Emil memiliki cara unik tersendiri dalam memimpin Bandung. Kabarnya untuk merubah mental para birokrat yang ada dijajarannya, ia tidak pernah marah-marah. Justru ia seringkali mengobrol dan menasehati agar permasalahan selesai.

“Tidak banyak menyuruh, tapi ikut ke dalam ikut ke tengah saya ikut menyemangati, tidak harus dengan marah dan cukup dengan mengobrol dengan menasihati. Membedah penyakitnya dan dengan pola itu mereka merasa dihargai,” ungkap Emil saat ditemui di Sasana Budaya ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat. Seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Tribunnews (12/2/2016).

Kang Emil sendiri saat ini sudah menjalankan berbagai program unik untuk kota bandung diantaranya Kampanye Jumat Bersepeda, Program Alat Pengolah Sampah, Program Kartu Sehat Bandung Juara, Program Jaga Lembur, Program Perbaikan Jalan Rusak dan Mengatasi Kemacetan, Program Perbaikan Jalan Rusak dan Mengatasi Kemacetan, PRogram Smart City dan masih banyak yang lainnya.

Program Smart City merupakan salah satu program yang berhasil menyita perhatian. Sebab diprogram ini Kang Emil melibatkan para penggiat IT untuk mengimplementasikan konsepnya. Program Smart City ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam melapor berbagai permasalahan yang ada di bandung secara online. Dengan begitu, pihak pemerintah kota Bandung dapat dengan sigap menyelesaikan permasalahan yang terjadi.