Published On: Mon, Feb 27th, 2017

Investor Asing Dominasi BEI

BERITABENAR-Investor asing mendominasi kepemilikan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni sekitar 64,86%.

“Perbandingan jumlah investor asing dengan domestik di BEI berbanding 64,86 persen dan 35,14 persen sehingga keuntungan atau return dari investasi di pasar modal sebagian besar dinikmati investor asing,” ujar Kepala Kantor BEI IDX Pangkalpinang Yoseph Kaburuan, pekan lalu.

Ia menyebutkan, investor lokal banyak yang masih belum paham terkait pasar saham sehingga minat masuk ke bursa sangat rendah. “Investor mikro dengan dana investasi kecil masih memilih tabungan atau deposito, bukan investasi efek,” katanya.

Ia menyebutkan, investor asing cenderung membeli saham dengan tujuan investasi jangka panjang dan dalam jumlah besar sehingga membuat investor asing lebih mendapatkan keuntungan besar dibanding investor lokal.

“Memang pasar modal kita masih banyak investor institusi asing dengan total investasi yang besar dibanding investor domestik,” katanya.

Untuk meningkatkan peran investor domestik, BEI IDX Pangkalpinang mengadakan berbagai program salah satunya membentuk forum calon investor, investor gathering, edukasi publik akademisi, mengajak pengusaha lokal untuk list-ing di pasar modal Indonesia dan sebagainya.

Ia berharap nantinya investor lokal bisa lebih dominan berperan di pasar modal sehingga J masyarakat bisa menikmati keuntungan sebagai pemilik saham di bursa efek*ant