Published On: Mon, Jul 18th, 2016

ISIS Klaim Jadi Dalang Teror di Nice!

013430100_1468545608-20160715-Penampakan-Truk-yang-Serang-Kerumunan-Warga-di-Prancis-Reuters-1 (1)

Terkait dengan serangan teror di Kota Nice, Prancis, kelompok radikal ISIS mengaku menjadi otak dibalik serangan yang menewaskan puluhan korban jiwa tersebut. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh salah satu media propaganda milik ISIS yakni Amaq.

Menurut mendia tersebut, tragedi teror di Nice, Prancis dijalankan oleh salah satu tentara dari ISIS. Teror tersebut merupakan respon langsung dari ISIS terhadap negara yang bertolak belakang dan siap memerangi ISIS. Tidak hanya Amaq, pernyataan terkait teror ini juga datang dari salah satu anggota ISIS bernama Mohamed Lahouaiej-Bouhlel melalui radio Bayan.

Aksi teror tersebut merupakan diklaim merupakan peringatan keras bagi negara Barat. Menurut ISIS, negara Barat tidak memiliki sistem keamanan yang kuat. Sehingga para warga sipil dapat diserang dengan mudah oleh para mujahidin. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Merdeka (18/7/2016).

Terkait serangan tersebut, sang Presiden Prancis Franois Hollande menyatakan mengutuk serangan tersebut. Pihaknya berjanji akan terus mengibarkan bendera perang terhadap ISIS. Bahkan Prancis kabarnya akan memperkuat aksinya dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS.

Serangan ISIS di kota Nice tercajadi ketika rakyat Prancis merayakan hari nasional Bastille Day. Tiba-tiba, sebuah truk berwarna putih berjalan dan menabrak masyarakat yang tengah berkerumun. Dari insiden tersebut, tercatat 84 orang tewas dan 200 orang lainnya mengalami luka-luka.