Published On: Thu, Aug 25th, 2016

Italia Diguncang Gempa, 159 Orang Meninggal Dunia

Johanes Chandra Ekajaya

Hari Rabu (24/8/2016) kemarin, Roma, Ibukota dari Negara Italiaa Diguncang gempa hebat dengan kekuatan 6,2 skala Richter. Gempa ini menyebabkan 159 orang meninggal dunia dan 368 orang mengalami cedera yang cukup parah. Angka korban ini diprediksi akan terus meningkat.

Matteo Renzi, selaku Perdana Menteri Italiaa menyatakan jika angka korban masih akan terus bertambah. Saat berkunjung ke daerah yang terkena gempa, sang Perdana Menteri menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian kali ini. Tentunya kesedihan yang dialami oleh korban bencana ini dirasakan juga oleh seluruh masyarakat Italia.

Menurut data yang berhasil kami dapatkan dari laman BBC (25/8/2016), kota yang mengalami kerusakan hebat adalah Amatrice. Selain mengalami kehancuran, di kota ini ada sekitar 86 orang korban jiwa. Menurut sang Walikota, sekitar tiga per empat bagian dari kota ini hancur berantakan karena gempa hebat berkekuatan 6,2 skala richter tersebut.

Saat ini pihak pemerintah Italia pun sudah menerjunkan tim penyelamat keberbagai kawasan seperti Umbria, Marche, dan juga Lazio. Nantinya tim penyelamat ini akan mencari korban-korban yang masih hidup. Tidak hanya itu, para tentara juga akan diturunkan untuk mengoprasikan alat-alat berat.

Di kawasan Pescara del Tronto, penyelamatan korban gempa berlangsung dramatis. Warga sekitar bersyukur ketika tim penyelamat berhasil menyuelamatkan seorang anak perempuan berumur delapan tahun. Anak tersebut berhasil bertahan selama 17 jam. Ia terperangkap di reruntuhan gedung yang ambruk karena gempa.