Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

Jamu JK Setelah Belanja di ‘Mana-mana’

BERITABENAR-RAJA Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dijadwalkan menjamu Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) makan malam di tempat nginapnya. Hotel Rafles. Jakarta, Jumat (3/3), malam ini.

Pertemuan Raja Salman dengan JK dipastikan Juni Bicara (Jubir) Wakil Presiden RI. Husain Abdullah.

“Beberapa hal akan dibicarakan antara Pak Wapres dengan Raja Salman, menindaklanjuti isu-isu yang sudah dibahas oleh presiden sebelumnya. Terutama, pembicaraan mengenai mendorong investasi di bidang keuangan dan pariwisata dan kerja sama di bidang pendidikan,” jelas Husain.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri. Armanatha Nasir. mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan suatu yang lumrah.

Pasalnya, setiap kepala negara akai disambut oleh Presiden sebagal tuan rumah dan akan memberikan kunjungan kehormatan untuk wakil presiden di tempatnya menginap. “Ini kunjungan kehormatan wakil presiden ke kepala negara di tempatnya menginap

Jamu JK Setelah Belanja di ‘Mana-mana’ dan ini biasa dilakukan saat ada kunjungan kepala negara ke Indonesia.” ujarnya.

Menurut Uceng. sapaan Husain, pertemuan JK dengan Raja Salman dijadwalkan berlangsung mulai pukul 19.30 WIB malam ini.

“Sabtu pagi (besok). Pak JK melepas Raja Salman ke Brunai.” ujar Uceng.
Dari Brunai. Raja Salman melanjutkan perjalanan ke Bali. sore.

“Rencana dalam pertemuan besok. Pak Wapres akan didampingi oleh menlu dan menteri agama. Saya juga akan ikut rombongan Pak Wapres besok.” kata Uceng tadi malam.
Salat Duduk

Kemarin, beberapa kegiatan dilakukan oleh Raja Salman di Jakarta.

Setelah berpidato di Gedung MPR/DPR. Raja dan rombongan menyempatkan diri dalang ke Masjid Istiqlal dan sempat melaksanakan salai tahiyatul masjid.

Presiden Jokowi ikut menemani bersama beberapa menteri kabinet, termasuk Imam Masjid lstiqlal Naza-ruddin Umar. (Mengenai Raja Salman di Gedung MPR/DPR RI,
Kursi khusus didatangkan ke Masjid Is-tiqlal untuk digunakan Raja Salam saat salat.
Raja Salman tidak bisa sujud, duduk di antara dua sujud, dan duduk tahiyat.

Setelah berdiri takbira-tul Ihram dan membaca Al Fatihah. Raja Salman rukuk lalu berdiri (1’tldaD. kemudian langsung duduk di kursi untuk menyelesaikan rakaat pertama.

Gerakan serupa dilakukan Raja Salman di rakaat kedua Salat Tahiyatul Masjid (penghormatan terhadap masjid).

Setelah melakukan shalat. Presiden Jokowi menyaksikan pemberian kain besar hitam bertu liskan Arab berwarna emas.

Usai menyampaikan sambutan beberapa saat. Raja Salman kemudian berbalik badan, memberikan salam kepada ratusan warga yang menyaksikan.

Warga pun menyambut Raja Salman dengan lantunan takbir, tahlil, tahmid, dan tasbih
Setelah itu, Raja Salman didampingi Presiden Jokowi menuju Istana Kepresidenan. Jakarta untuk melakukan penanaman pohon. Raja Salman dan melanjutkan bertemu dengan para tokoh Islam cll Istana.

MC Raja

Acara Raja Salman di Gedung MPR/R1. kemarin. dipandu anak Pasar Cidu Makassar.
Master of Ceremony (MC) acara itu dipercayakan kepada pemuda asal Makassar. M Nurkholis Ridwan.

Nurklialis adalah pemuda kelahiran Makassar 2 Oktober 1978 dan dibesarkan di Pasar Cldu J1 Yos Sudarso. kawasan utara Makassar.

Nurkholis menetap di Jakarta sejak 1996. Dia mantan Pemimpin Redaksi Tabloid Sabill dan kini Sekretaris Jenderal Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi).

Alumnus SD Inpres Borong, Batua Raya Makassar Itu Juga tercatat sebagal dosen di almamaternya, perguruan tinggi LIPIA Jakarta, binaan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Belanja Pangeran

Sebelum bertemu JK, Raja dan rombongan akan berbelanja terlebih dahulu. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Mochamad Iriawan mengaku sudah menerima laporan mengenal permintaan pengamanaan untuk Raja Salman yang akan berbelanja di wilayah Jakarta.

“Beliau ingin membelanjakan uangnya dl sini (Jakarta),” ujar Iriawan kemarin. Dia enggan menjelaskan secara detail lokasi Raja Salman beserta rombongan akan berbelanja. “Belanja di mana-mana nanti. Besok (hari ini) ini, semua perangkat kepresidenannya. Rajanya. Jalan-Jalan. Pakal kredit card,” Jelas Iriawan.
Raja Salman akan belanja bersama rombongan sejumlah 1.500 orang termasuk 10 menteri serta 37 pangeran dan kerabat.

Di antara pangeran tersebut, turut serta putranya. Pangeran Mo-hammed bin Salman.
Pangeran yang dikenal berparas tampan ini adalah Menteri Pertahanan Kerajaan Arab Saudi.

Ada pula anak Raja Salman lainnya. Pangeran Saud bin Salman. Pangeran Ahmed bin Fahd bin Salman. Pangeran Nayil’ bin Salman. dan Pangeran Rakan bin Salman.

Raja Salman memiliki 13 anak, semuanya pangeran. hanya satu putri.

Hussa binti Salman.

Sang putri tidak dibawa ke Indonesia bersama lima kakaknya.
Para pangeran itu akan menemani Raja Salman di Jakarta dan Bali, termasuk akan mendampingi sang ayah keliling belanja.

Di Bali, setelah liburan hingga Kamis (9/3) pekan depan, sejumlah pangeran akan “pisah” rombongan dengan raja.

Presiden Association of The Indonesian Tours and Travel Agencles (ASITA) Asnawi Bahar mengatakan, beberapa pangeran akan melanjutkan liburan ke Lombok. Medan. Belitung, liingga Suinatera Barat.

Sejak kedatangan Raja Salman dan rombongan ke Jakarta tersiar, pusat perbelanjaan di Jakarta Ijerbenah.

Pengelola mal-mal ternama dl Jakarta menyatakan siap meladeni ‘liasrat” belanja para pangeran dari Timur Tengah itu,

“Bisa banget! Jangan kliawatir, Jakarta punya segudang mal yang berkelas dan skala dunia Juga, dengan barang-barang branded yang original. Jangan khawatir, Jakarta punya semua,” ujar Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemen-par. Vlta Datau Messakh.

Lebih lanjut Vita mengatakan. Jika nanti semua rombongan raja menyambangi mal-mal di .Jakarta, pusat belanja dl ibu kota tidak akan memalukan.

Kata Vlta. dirinya sudah survei ke negara-negara Timur Tengah seperti Abu Dhabl. Uni Emirat Arab. Kualitas malnya tidak Jauh berbeda dengan di Jakarta. “Sama dengan yang dl Jakarta, balikan Jakarta tidak kalah lengkap koleksinya.” katanya.

Kata Vlta. mal dl Indonesia tercatat lebih dari 300 dan berbagai brand terkenal kelas atas sampai menengah dapat ditemui dl tanah air.

“Selain itu. kualitas mal kita Juga sangat luas, contohnya saja Gandaria City yang punya luas 95.000 M2 nett rentable area (NRA). Kota Kasablanka Jakarta dengan luas 115.000 M2 NRA. St Moritz Mali dengan hamparan luas 129.000 M2.

“Untuk urusan Muslim fricndly, mal di kita juga readv. Silakan tengok mus-holla tempat iiadali semua ada. tempat wudhu bersih, sejadah yang wangi serta mushola yang dingin dengan fasiiitas AC. Juga sangat halal, karena wanita dan pria dibedakan tempat salatnya. Saya jamin para pangeran akan terkesan dengan mal tanah air kita.” jelas Viia (tribunnews/ nic/rio/den/as kambie)