Published On: Fri, May 27th, 2016

Jelang Mudik, Kemenhub Buat Aturan Khusus Penggunaan Rest Area

051210600_1430453349-P_20150501_083929_BF

Menjelang mudik lebaran beberapa bulan lagi, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bersama pemerintah berencana akna membuat peraturan khusus penggunaan rest area dalam tol. Sebab bagaimanapun juga, rest area merupakan sumber kemacetan ketika mudik lebaran dimulai. Oleh karena itu, Kemenhub pun akan membuat peraturan dimana para pemudik hanya bisa berhenti di rest area selama satu jam saja.

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Pudji Hartanto selaku Direktur Perhubungan Darat Kemenhub. Jika pemudik tetap nekat melanggar aturan, maka tidak segan-segan akan diberi hukuman denda sebesar Rp. 250 ribu sampai dengan Rp. 500 ribu.

“”Rest area di setiap tol akan coba bergantian dengan dibatasi. Kalau mau istirahat jangan lama-lama, cukup satu jam. Kalau lebih dari sejam selama di rest area akan kena penalti,” ungkap Pudji Hartanto seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Okezone (27/5/2016).

Sudah bukan rahasia lagi jika rest area merupakan sumber kemacetan dikala musim mudik datang. Apalagi di sekitar jalan tol Cipularang. Berbagai rest area yang terdapat didalam tol Jakarta-Bandung tersebut menjadi masalah utama kemacetan dikala mudik lebaran. Selain membuat peraturan khusus res area, Kemenhub juga menghimbay agar transaksi pembayaran tol dilakukan dengan menggunakan kartu agar lebih cepat.