Published On: Fri, Feb 12th, 2016

Jokowi Lantik 7 Pasang Gubernur di Istana Merdeka

yohanes chandra ekajaya

Presiden Joko Widodo atau yang lebih sering disebut dengan panggilan akrab Jokowi, kini melantik 7 Gubernur dan Wakil Gubernur. Ketujuh kandidat itu sesuai dengan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Prosesi pelantikan itu dimulai dengan perjalanan kaki seluruh 7 Kepala Daerah menuju Istana Merdeka. 7 Pasangan Kepala Daerah itu harus berjalan secara berpasangan antara Ketua dan Wakil Gubernur menuju Istana Merdeka dari Istana Negara dengan mendapatkan pengawalan dari pasukan Paspampres.

Selanjutnya, sesampainya di Istana Merdeka, seluruh 7 Kepala Daerah itu akan menerima penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Setelah penyerahan petikan tersebut, 7 pasang Kepala daerah tersebut, bersama Jokowi kemudian berjalan menuju ke Istana Negara untuk melakukan prosesi sumpah jabatan. Selama perjalanan dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara, para kepala daerah, bersama dengan Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dikawal kelompok marching band pasukan protokoler pengawal kenegaraan.

Acara pengambilan sumpah jabatan itu dihadiri banyak Menteri, mulai dari Menteri Kabinet Kerja, para Kepala lembaga tinggi negara dan para Ketua Partai Politik pendukung pemerintah. Beberapa menteri yang menghadiri pelantikan tersebut di antaranya Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Ade Komaruddin dan Ketua DPD RI Irman Gusman. Sementara itu, Ketua umum Parpol yang hadir di antaranya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Abu Rizal Bakrie dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Para Gubernur dan wakil Gubernur yang akan memimpin daerahnya masing-masing akan bekerja pada periode 2016-2021. Berikut 7 pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang dilantik oleh Jokowi hari ini:

H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. dan Drs. H. Rudy Resnawan (Kalimantan Selatan)

H. Zumi Zola Zulkilfi, S. TP., MA. dan Dr. H. Fachrori Umar, M. Hum. (Jambi)

Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc., dan Drs. H. Nasrul Abit (Sumatera Barat)

Olly Dondokambey, S.E. dan Drs. Steven O.E Kandouw (Sulawesi Utara)

Drs. H. Muhammad Sani dan Dr. Nurdin Basirun, S.Sos., M.Si. (Kepulauan Riau)

Dr. Ir. Irianto Lambrie, M.M. dan Sdr. H. Udin Hianggio (Kalimantan Utara)

Dr. H. Ridwan Mukti, M.H. dan Dr. H. Rohidin Mersyah, M.M. ( Bengkulu)