Published On: Tue, Aug 4th, 2015

Jokowi Resmikan Bank Terapung Pertama PT BRI

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meresmikan bank kapal milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang juga merupakan bank kapal pertama yang ada di negara ini. Dalam peresmiannya tersebut, Jokowi memberikan sambutan dengan mengatakan kalau BRI telah memberikan sebuah inovasi yang patut diberi apresiasi dan wajib ditiru oleh perbankan lainnya.

“Saya akan terus mendorong agar perbankan lain juga dapat melakukan inovasi layanan ke daerah yang belum tersentuh layanan perbankan terutama di wilayah pulau terluar dan di daerah perbatasan,” kata Jokowi di Pelabuhan Kali Adem, Pluit, Jakarta Utara, seperti yang dikutip pada laman Liputan 6, Selasa (4/8/2015).

Jokowi juga menambahkan, dengan adanya bantuan peningkatan literasi keuangan untuk daerah-daerah di wilayah Indonesia yang masih sulit terjangkau atau jauh dari akses tersebut, tentu akan memberikan bantuan secara tidak langsung juga kepada pemerintah dalam mengembangkan perekonomian negara dan juga kualitas sumber daya manusia.

Selain wilayah kepulauan, Jokowi juga mendukung perbankan untuk memberikan fasilitas yang sama tersebut ke masyarakat yang berada di wilayah-wilayah perbatasan Indonesia yang sejatinya memang masih sulit sekali untuk dijangkau. Dengan adanya hal ini, tentu saja daerah-daerah yang sulit terjangkau tadi, masyarakatnya akan menjadi lebih mudah untuk menabung, atau melakukan pinjaman ke bank, sehingga perputaran uang di daerah memang benar-benar berjalan dengan baik.

Bank terapung yang dibuat oleh PT BRI ini sendiri dinamai dengan nama Teras BRI yang memiliki panjang 23 meter dan lebar 6 meter. Bank kapal ini dapat melaju dengan kecepatan 13 knot dan mampu menampung 11 orang didalamnya, yang termasuk petugas BRI 4 orang dan 5 merupakan awak kapal. Saat ini bank terapung tersebut baru beroprasi di beberapa kepulauan di Pulau Seribu saja seperti: Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, dan Pulau Tidung‎. <bms>