Published On: Mon, Jun 20th, 2016

Jokowi Siap Menyandang Nama Bapak Maritim Indonesia

jkw

Di tanggal 29 September 2016 yang bertepatan dengan hari Maritim Dunia, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan dinobatkan sebagai Bapak Maritim Indonesia. Sri Tutie Rahayu, selaku Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia menyatakan jika Jokowi memang pantas menyandang nama tersebut, sebab kepemimpinannya dianggap sangat memperhatikan sektor kemaritiman Indonesia.

Selain itu, Sri juga menyatakan jika pemberian nama tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk Presiden Jokowi. Bagaimanapun juga, visi Nawacita yang diusung kepemimpinan Jokowi memiliki tujuan khusus agar Indonesia bisa menjadi poros maritim dunia.

Terkait keberadaan politeknik kemaritiman demi berjalannya visi Nawacita pemerintah Indonesia, M. Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi menyatakan bahwa pihaknya siap memberikan dukungan. Menurutnya, ia membuka lawangan pekerjaan yang dikhususkan untuk sumber daya manusia yang memiliki sertifikasi lulusan maritim.

“10 politeknik akan kami siapkan project untuk semua lulusan harus bisa diterima pasar dengan mekanisme, yaitu lulusannya harus bersertifikat melalui lembaga sertifikasi profesi. Tahun ini kami sudah menyiapkan 10 pendidikan vokasi atau politeknik yang kami siapkan untuk menyiapkan sumber daya yang siap pakai. Yaitu did bidang kemaritiman, material, elektronik, dan bidang pembuatan kapal maupun bidang pangan,” Ungkap M. Nasir seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Metrotvnews (20/6/2016).