Published On: Fri, Sep 25th, 2015

Jubir Kementrian Arab Saudi Ungkap Dugaan Penyebab Tragedi Mina

Kabar duka kembali datang dari para jamaah yang sedang menjalankan ibadah haji pada hari Kamis (24/9/2015) kemarin. Pada saat ibadah wukuf di Arafah, para jamaah salin berdesakan dan terjadilah aksi saling dorong yang menyebabkan ratusan orang luka-luka bahkan kehilangan nyawa.

Menurut kabar yang dikeluarkan oleh Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi, insiden tersebut terjadi di persimpangan jalur 204 dan juga jalur 223 yang merupakan jalur penghubung antara perkemahaan dengan tempat ritual lempar jumrah yang berlokasi di Jamarat, Mina.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Tribunnews (25/9/2015) menanggapi hal ini, Mayjen Mansour al-Turki selaku Juru Bicara Kementrian Arab Saudi memperkirakan jika tragedi mina kali ini terjadi karena berbagai faktor seperti suhu panas yang cukup tinggi dan juga banyaknya jamaah haji yang kelelahan. Namun yang pasti, saat ini pemerintah Arab Saudi akan melakukan investigasi untuk menemukan penyebab pasti tragedi Mina kali ini.

Untuk jamaah Indonesia sendiri, menurut Kepala Daerah Kerja Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsyad Hidayat mengabarkan jika salah satu jamaah yang berasal dari Indonesia menjadi korban tragedi mina tersebut. Selain itu ia juga mengungkapkan jika saat ini korban sedang di identifikasi untuk mendapatkan nama dan juga kloternya.

Kejadian kali ini, waktunya tidak terlalu jauh dengan tragedi Crane yang telah menewaskan ratusan jamaah haji di Mekah. Pemerintah Arab Saudi memastikan jika persitiwa nahas tersebut terjadi karena kesalahan Bin Laden Group yang merupakan pengembang proyek Masjidil Haram.

<fjr>