Published On: Mon, Jan 25th, 2016

Jusuf Kalla Peringatkan Ada 4 Ancaman Untuk Ekonomi Indonesia

Jusuf Kalla atau yang sering dikenal dengan sebutan JK mengungkap beberapa hal yang menjadi problematika yang bsia menjadi ancaman bagi Indonesia. Wakil Presiden Indonesia itu mengutarakan ada empat problematika yang nantinya bisa mempengaruhi perekonomian Indonesia untuk waktu ke depan.

JK mengutarakan bahwa empat ancaman itu smeuanya masih didasarkan pada permasalahan pada sektor keuangan, ketersediaan infrastruktur dan sarana logistik, birokrasi, hingga problematika di sektor energi. Terlepas dari hal itu, Mantan dari Partai Golkar itu juga menghimbau ke seluruh pihak agar mau bekerjasama dengan pemerintah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kerjasama ini untuk mengantisipasi ancaman-ancaman yang tidak langsung. Setidaknya dengan adanya kerjasama ini bisa dijadikan upaya untuk meningkatkan angka pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Jika dilihat dari perekonomian global, masih banyak sentimen negatif yang menjadi faktor kemerosotan ekonomi di Indonesia seperti pelemahan harga minyak dan krisis perbankan.

“Sektor keuangan melemah bukan karena banyaknya bank, tetapi lebih kepada persaingan yang tinggi yang menyebabkan suku bunga juga berpotensi tinggi,” ujar JK saat dalam acara News Forum Redaksi Indonesia 2016: Challenges and Opportunities di Jakarta, seperti yang Berita Benar lansir dari CNN, Kamis (21 Januari 2016).

Dengan adanya empat problematika yang bisa mengancam ekonomi Indonesia inilah JK pun menghimbau bahwa begitu pentingnya upaya seluruh pihak dalam menyikapi makin lebarnya gini ratio atau indeks kesenjangan pendapatan di masyarakat Indonesia.