Published On: Tue, Jan 26th, 2016

Kalah Saing, Ford Hengkang Dari Industri Mobil Indonesia

Produsen mobil ternama asal Amerika yakni Ford, resmi hengkang dari Industri otomotif di Indonesia. Keputusan mengejutkan tersebut diambil berdasarkan sempitnya peluang persaingan di Indonesia. Karena faktor tersebut, keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan menyusut tajam.

Dalam sebuah rilis yang diterima redaksi Berita Benar pada hari senin kemarin (25/1/2016), pihak Ford menyatakan bahwa industri otomotif tanah air saat ini sudah tidak lagi m enguntungkan bagi pihaknya. Karena alasan tersebut, mereka pun akan menghentikan seluruh operasinya di Indonesia sebelum tahun 2016 ini.

Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian menyatakan jika hal ini tidak akan terlalu memberi dampak terhadap industri otomotif nasional. Sebab, pihak Ford sendiri hanya mengimpor produk miliknya dari Thailand menuju Indonesia. Selain itu, hengkangnya Ford dari Indonesia juga dapat membuktikan jika persaingan Industri otomotif tanah air sangatlah ketat.

Bagi para pemilik mobil Ford, Bagus Susanto selaku Direktur Ford Indonesia memastikan jika pihaknya akan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelangan. Untuk hari ini dan beberapa waktu kedepan, pihaknya masih membuka layanan servis, garansi dan juga penjualan bagi para konsumen-konsumennya. Setelah Ford benar-benar hengkang dari Indonesia, pihaknya akan menghubungi para konsumennya untuk mengumumkan pengaturan yang baru.

Menurut catatan yang diungkap oleh laman Routers, di tahun 2015 ini Ford memang mengalami hasil penjualan yang cukup lesu. Mereka hanya berhasil menjual produknya sebanyak 6 ribu unit atau sekitar 0,59 persen dari penjualan mobil nasional.