Published On: Mon, Oct 3rd, 2016

Kantong Plastik di Supermarket dan Minimarket Kini Gratis!

Johanes Chandra Ekajaya

Program kantong plastik berbayar baik di supermarket maupun minimarket akhirnya resmi dibekukan. Seperti yang kita ketahui, dengan adanya program tersebut setiap konsumen diwajibkan membayar uang Rp. 200 jika ingin menggunakan kantong plastik untuk belanjaannya. Program ini sendiri menimbulkan beragam pro dan kontra, namun pada akhirnya Asisasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) resmi memberhentikan program ini.

Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Roy N Mandey selaku Ketua Umum dari Aprindo. Menurutnya, keputusan ini sudah diambil secara matang dengan cara mempertimbangkan dampak kedepannya. Oleh karena itu, program ini resmi kami cabut mulai dari 1 Oktober 2016.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Merdeka (3/10/2016), program ini sendiri merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam menekan penggunaan plastik di Indonesia. Program ini berhasil di uji coba selama 3 bulan dan data hasil uji coba tersebut langsung diberikan ke Kementrian Lingkungan Hidup untuk keperluan bahan evaluasi bagi pemerintah Indonesia.

Menurut hasil data yang diungkapkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, program tersebut berhasil menekan angka penggunaan kantong plastik bahkan sampai dengan 25 hingga 30 persen. Tidak hanya itu, data tersebut juga mengungkapkan jika masyarakat Indonesia sangat mendukung program kantong plastik berbayar ini.

Walaupun begitu, menurut Roy program ini tetap saja mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Parahnya lagi, Permen mengenai LHK tidak kunjung rampung dan terbit. Hal ini menyebabkan para pengusaha ritel mendapat kritikan keras dari masyarakat. Bahkan masyarakat tidak segan-segan untuk menuntut lewat jalur hukuk. Sebab, peraturan mengenai plastik berbayar sendiri masih belum ada dasar hukum yang kuat.