Published On: Thu, Mar 2nd, 2017

Kapal Cantrang Mulai Bongkar

BERITABENAR-Aktivitas kapal cantrang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung Rembang mulai menggeliat. Dalam sehari kemarin, ada sedikitnya enam kapal cantrang telah mulai bongkar muat setelah beberapa bulan tak melaut.

Selain kapal cantrang, puluhan kapal jenis mini purseseine juga bersandar di dermaga pelabuhan. Beberapa diantara terlihat melakukan bongkar muat ikan. Yuni salah seorang pedagang mengungkapkan, dalam sepekan terakhir beberapa kapal memang sudah mulai merapat di Tasikagung.

Namun, ikan yang dibawa memang tak sebanyak ketika ada larangan penggunaan cantrang. Sebab, kapal-kapal hanya berani mencari ikan di perairan Laut Jawa. Padahal, sebelumnya nelayan bisa melaut hingga ke Kalimantan.

Menurutnya, pada kondisi normal kapal cantrang biasanya sekitar 16 basket ikan bukur. Namun, saat ini yang ada hanya sepuluh basket. Hal itu berimbas pada harga ikan yang masih tinggi.”Harga ikan iseh larang. Ikan bukur saja harganya masih Rp 120 ribu per kilo” ungkapnya kemarin (1/3).

Yono salah seorang ABK kapal menyebutkan, dalam sehari kemarin ada sepuluh kapal baik cantamg maupun miniprsin yang melakukan bongkar muat. Namun, ikan yang diperolehnya memang tak sebanyak biasanya.

“Dulu itu sampai jam dua siang masih ada yang bongkar. Sekarang paling sampai jam 12.00 siang sudah selesai,” katanya.

Kepala TPI Tasikagung Rembang Tukimin mengungkapkan, aktivitas jual beli ikan kembali terlihat sejak sepekan terakhir. Dalam bulan Februari ini kondisi raman memang terbilang fluktuatif.

Hal itu menyesuaikan dengan cuaca di laut. Jika, cuaca bersahabat maka banyak nelayan yang mendapatkan ikan. Sedangkan, raman yang didapat dalam sebulan terakhir sekitar Rp 3 miliar. Namun, dia mangaku nilai tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan kondisi normaTAlhamdulillah sepekan ini mulai ada aktivitas. Kalau keadaan normal sebulan raman bisa sampai Rp 10 miliar,” jelasnya. (lid/ali)
Caption:
BONGKAR IKAN: Sejumlah nelayan diTPITasikagung Rembang melakukan aktivitas bongkar ikan sepulang melaut kemarin.