Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Kapal Induk AS Layari Laut China Selatan

BERITABENAR-USS Cari Vinson, kapal induk milik Angkatan Laut (AL) AS, melayari perairan sengketa di Laut China Selatan pada Sabtu (18/2). Melalui akun Facebook kapal kategori Nimitz itu, disebutkan aktivitas pelayaran tersebut hanyalah bagian dari patroli rutin. Kendati demikian, aksi tersebut membuat Beijing tersinggung.

Lewat Kementerian Luar Negeri, Tiongkok menyatakan seluruh kapal dan pesawat berhak melintas di area yang secara hukum merupakan kawasan internasional. Namun, jika pelayaran atau penerbangan itu provokatif, Tiongkok turun tangan. “Beijing tegas menolak provokasi atau upaya untuk meremehkan kedaulatan Tiongkok di wilayah itu hanya atas nama navigasi,” tegas Geng Shuang, juru bicara kementerian.

Rabu (15/2) Beijing sudah memperingatkan Washington soal rencana patroli Vinson. Saat itu Tiongkok mengimbau AS untuk tidak melewati perairan sengketa di Laut China Selatan. Tapi, Washington bergeming. Sabtu lalu Vinson tiba di lautan yang menjadi sengketa antara Tiongkok dan empat negara lain tersebut. Yakni, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Laksamana Muda James Kilby, komandan Vinson, mengatakan patroli rutin itu bukanlah provokasi. Secara berkala, AS memang mengirim kapal induk ke kawasan Samudra Pasifik untuk keperluan navigasi. Selain itu, AS berusaha meningkatkan performa AL serta persenjataan. “Kami melakukan latihan militer sembari menyapa sekutu di Asia,” tegasnya. (AJFP/Reuters/hep)