Published On: Fri, Feb 24th, 2017

KAYA ARSITEKTUR MENAWAN

BERITABENAR-Sebagai kawasan yang telah dihuni sejak zaman batu (abad ke-6 SM), Stockholm telah lama menjadi salah satu pusat budaya, media, politik, serta ekonomi. Stockholm terkenal dengan keindahan view, bangunan, dan arsitekturnya.

HORNSTULL adalah salah satu kawasan yang wajib dikunjungi di Stockholm. Coba kunjungi bioskop Bio Rio. Ikon budaya Hornstull itu menyajikan film indie dan live opera. Bio Rio juga menjadi bioskop pertama di Swedia yang dilengkapi dengan bar, yakni Bistro Barbro, Salong 2, dan restoran.

Pada Mei-September, Hornstulls Marknad yang buka setiap hari Minggu menawarkan berbagai makanan di food truck. Penggemar barang vintage siap-siap kalap belanja pakaian, kerajinan tangan, produk handmade, dan barang antik.

Ingin sensasi yang berbeda? Datang saja ke Liljeholmsbadet, pemandian umum yang terbuat dari kayu. Anda bisa menikmati sauna atau sekadar berjemur di pemandian umum yang dibangun pada 1929 itu. Khusus Juli-Agustus, Liljeholmsbadet tutup.

Keindahan bunga sakura nggak hanya bisa disaksikan di Jepang, tapi juga di Stockholm. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah April. Alun-alun akan penuh dengan wisatawan dan penduduk setempat yang mengagumi momen tahunan itu.

Nuansa lain tersaji di Haga. Kawasan yang pada era 1940-an merupakan wilayah industri itu berkembang menjadi tempat nongkrong hippie sejak 1960-an. Berjalan bareng pasangan atau teman di jalanan berbatu Haga Nygata, hmmm… romantis!

Pencinta wisata kuliner dipastikan puas bertualang di Stockholm. Roti dan kue di Friends of Adam diolah dengan bahan khusus sehingga bebas gula. Rasanya juga so yummy. Coba cicipi juga katalan (almond tart dengan selai raspberry) dan chokladboll (taburan kelapa di atas bola cokelat) di Cafe Husaren.

Anda juga bisa berbelanja di Bebpo Antik yang menyediakan furnitur khas Skandinavia buatan master Hans Wegner dan Arne Jacobsen. Terdapat barang-barang keramik, gelas, serta perhiasan di toko itu. (swn/wir/ran)

Caption:
CHALLENGING: Pada musim dingin, nikmati serunya meluncur melintasi Danau Norrviken atau danau beku Malaren.

HISTORIS: Haga menjadi tempat nongkrong hippie sejak 1960-an (foto atas). Katedral terbesar di Skandinavia ini berada di Uppsala yang bisa dijangkau dengan naik kereta selama 35 menit dari pusat Kota Stockholm.

ASTONISHING: Menikmati keindahan sakura yang sedang mekar di Kungstradgarden bisa jadi agenda menarik saat musim semi.