Published On: Mon, Feb 27th, 2017

KBRI Malaysia Sediakan pengacara

BERITABENAR-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur memastikan akan memberikan pendampingan hukum kepada Siti Aisyah.
“Wakil KBRI meminta pihak Malaysia agar setiap perkembangan tentang Siti disampaikan terlebih dahulu kepada pengacara,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad lqbal, Jakarta, Minggu (26/2).

Tim Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur bersama pengacara, kata Iqbal, melakukan kunjungan ke-konsuleran ke Siti Aisyah di Kantor Polisi Cyberjaya pada Sabtu (25/2). Iqbal mengatakan kunjungan selama 30 menit itu meliputi dua tahap, yaitu wakil KBRI melakukan pemindaian sidik jari guna memverifikasi kewarganegaraan dan kedua pejabat kekonsuleran menemui Siti.

Hasil verifikasi, sidik jari Siti sesuai dengan data pada paspor. Menurut Iqbal, dalam pertemuan dengan Siti, pejabat Kekonsuleran KBRI
memastikan kondisi kesehatan, meminta persetujuan untuk mendapat pendampingan hukum, dan menjelaskan hak-hak hukum Siti Aisyah.

Pejabat Kekonsuleran KBRI dan pengacara, juga meminta informasi awal dari Siti untuk proses pendampingan hukum. “Dalam pertemuan tersebut Siti mengaku dalam kondisi sehat dan mendapatkan perlakuan yang baik selama masa penahanan. SA juga menyampaikan persetujuan untuk mendapatkan pendampingan hukum dari pengacara yang ditunjuk KBRI,’ kata Iqbal.

Kementerian Luar Negeri selanjutnya akan menghubungi keluarga Siti di Serang untuk menyampaikan hasfl
kunjungan kekonsuleran serta beberapa pesan dari Siti kepada orang tuanya.

Langkah sama juga dilakukan pemerintah Vietnam. Sejumlah pejabat Vietnam datang ke Malaysia untuk bertemu Doan Thi Huong yang menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Kim Jong Nam.

Seperti Siti, Doan juga mengaku ikut berperan dalam sebuah video komedi pada peristiwa yang menghebohkan di Bandara Internasional Kuala Lumpur tersebut.

“Kesehatannya stabil. Saat bertemu dengan para pejabat kedutaan, Doan Thi Huong mengatakan dimanfaatkan dan ia mengira dia sedang berperan dalam sebuah video komedi,” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar N’egeri Vietnam.

Doan dan Siti Aisyah melumurkan racun VX Nerve Agent ke wajah dan mata Jong Nam di Terminal Ke-rangkatan Bandara Internasional Kuala Lumpur, Senin (13/2) lalu. Selain mereka ada seorang tersangka warga negara Korea Utara yang kini menjalani penahanan di Malaysia.
Di Jakarta, kemarin, Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PP KPPG) menyatakan akan mengirim tim untuk memberi pendampingan terhadap Siti yang mendekam dalam sel tahanan Polis Diraja Malaysia.

“Ada efua perempuan pengacara dan psikolog yang juga kami minta mendampingi keluarga. Selain itu besok (hari ini, Red) kami akan bertemu keluarga terutama ibunya. Kalau perlu kami bantu ‘akses untuk datang ke Malaysia,” kata Wakil Ketua Umum PP KPPG Eni Maulani Saragih, di kawasan Cikini, Jakarta, kemarin, (tri-bunnetwork/wah)