Published On: Thu, Mar 9th, 2017

KEANGGUNAN ARISTOKRAT

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini LAND ROVER menghadirkan anggota keluarga baru di jajaran Range Rover, yakni Range Rover Velar. Mobil yang jadi anak bawang di keluarga ini justru memiliki banyak kejutan. Seperti apa kejutannya?

Range Rover Velar memang jadi yang termuda di keluarga Range Rover setelah Range Rover, Range Rover Sport dan Range Rover Evoque.

Mobil yang diluncurkan di Geneva Motor Show 2017 baru-baru ini justru memiliki banyak kejutan yang cukup mengagetkan dibandingkan para seniornya.

Dari segi dimensi, Range Rover Velar memang sengaja dibuat untuk mengisi celah antara Range Rover Sport dan Range Rover Evoque. Mobil ini memiliki panjang 4.803 milimeter dan wheelbase 2.874 milimeter.

Bandingkan dengan Range Rover Evoque yang hanya memiliki panjang 4.370 mm dan wheelbase 2.660 mm. Mobil ini hanya kalah sedikit dengan dimensi Range Rover Sport yang memiliki panjang 4.850 mm dan wheelbase 2.923 mm.

Dengan spesifikasi tersebut, Range Rover Velarmasih menjanjikan ruang yang lapang dan nyaman. Tidak seperti Range Rover Evogue yang banyak dike luh kan karena ruangannya yang terbatas. Oke, sekarang soal desain. Range Rover Velar memang tidak tampil atraktif layaknya Range Rover Evoque.

Mobil ini masih setia dengan desain Range Rover Sport dan Range Rover. Adapun yang membedakan adalah lekuk mobil yang kini lebih tajam dan AGENDA AUTOMOTIF Jakarta Motogarage 2017 n 11 Maret 2017 n Area Parkir Gedung Parkir Kompas Gramedia Indonesia International Motor Show 2017 n 27 April-7 Mei 2017 n JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara agresif. Mobil ini tidak terlihat gambot layaknya Range Rover Sport dan Range Rover.

Alih-alih berkat proporsi yang slim , mobil ini terlihat seperti sebuah coupe. Desain headlamp yang lebih menyipit serta daytime running light LED yang selalu menjadi ciri khas dari Range Rover juga jadi menu utama.

Grill radiator berukuran besar dengan desain honeycomb yang unik dan diberi kelir berwarna hitam kombinasi dengan black chrome juga semakin menambah sangar tampilannya.

Racikan desain bumpernya disajikan dengan air intake berukuran besar di sisi kiri dan kanannya dengan sirip warna hitam. Adapun grill trapesium di tengah bumper yang juga berukuran besar memperlihatkan karakter maskulin dari Range Rover Velar ini.

Nah yang menarik dari sisi interior adalah gagang pintu yang kini dibuat terbenam layaknya sedan-sedan premium. Dengan memencet tombol di dekat pintu, gagang pintu langsung menonjol keluar.

Begitu juga dengan spion yang kemudian terbuka. Mobil ini juga terlihat gagah dengan penggunaan velg berukuran 20 inci. Jika kurang, Range Rover menye diakan opsi velg lebih besar 22 inci. Kejutan lainnya adalah eksterior.

Begitu Anda masuk ke Range Rover Velar, Anda akan merasakah hal yang sangat baru ketimbang keluarga Range Rover lainnya.

Di mobil ini Range Rover mencoba konsep minimalis futuristis. Ha ini diterjemahkan dengan tiadanya kenop-kenop konvensional di bagian dasbor. Alih-alih semuanya dipindahkan dalam layar digital. Dan jangan kaget, ada tiga layar digital di mobil ini.

Pertama di bagian belakang palang kemudi di mana layar 7 inci digital akan menampilkan semua informasi mobil, mulai spedometer, takometer, jarak tempuh, dan berbagai hal lainnya. Kedua layar 10 inci ada di center fascia .

Layar ini awalnya terbenam mengikuti kontur dasbor. Namun, begitu mesin dinyalakan, layar ini menonjol keluar. Layar sentuh ini akan menampilkan semua sistem multimedia dan navigasi. Layar ketiga adalah layar sentuh berukuran lebih besar.

Di sini semua sistem kontrol perlengkapan di dalam mobil dikendalikan. Mulai dari pengaturan suhu ruangan, pengaturan pemanas kursi, pengaturan suspensi udara, hingga pengaturan penggerak empat roda.

Range Rover masih melengkapi mobil ini dengan Head Up Display sehingga kecepatan mobil bisa dilihat lewat kaca depan.

Tidak hanya di bagian depan, di bagian belakang mobil ini juga dilengkapi dengan layar sentuh yang masing-masing ada di belakang kursi penumpang baris pertama.

Untuk pilihan mesin, Range Rover tersedia dalam empat pilihan mesin, yakni mesin diesel dengan tenaga 180 daya kuda (Ingenium Diesel D180), diesel dengan tenaga maksimal 240 daya kuda (Ingenium Diesel D240), dan mesin bensin dengan tenaga maksimal 250 daya kuda (Ingenium Petrol P250).

Bagi yang menyukai performa disediakan mesin diesel dengan tenaga maksimal 300 daya kuda (3.0 Liter Diesel D300) dan mesin bensin V6 supercharged dengan tenaga maksimal 380 daya kuda (3.0 Liter V6 Petreol P380). Seluruh tenaga tersebut disalurkan lewat transmisi otomatis 8 percepatan. wahyu sibarani