Published On: Fri, Nov 6th, 2015

Kedatangan Jokowi Ke Sumatera Dikawal 2.000 Personel TNI

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo rencananya akan mengunjungi 2 provinsi di pulau Sumatera, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan. Kunjungan yang akan dilakukan sabtu pagi, 7 November 2015 itu dikawal dalam pengawalan yang ketat dari segenap anggota militer, salah satunya yaitu dari Korem Garuda Dempo Palembang, Sumsel.

“Sebanyak 2 ribu personel akan diturunkan untuk mengawal kedatangan Jokowi ke Sumatera Selatan,” ujar Kolonel Inf Tri Wirnarno selaku Komandan Korem 044/Garuda Dempo.

Personel yang dikerahkan nantinya terdiri dari TNI dan Polri yang akan terus mengawal Presiden hingga tempat tujuan, yaitu Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumsel. Berbagai persiapan juga sudah dikerahkan dari hari ini, Jumat, 6 November 2015.

Pengamanan akan mulai diberlakukan di beberapa titik wilayah, seperti Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dan jalan tol Palembang-Inderalaya (Palindra) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumsel.

Nantinya Jokowi akan menggunakan helikopter dari Lampung menuju Tanjung Enim. Tujuan Jokowi ke Tanjung Enim untuk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang. Sebenarnya kunjungan Jokowi bukan hanya besok, tapi mulai hari ini usai solat Jumat juga Jokowi langsung terbang ke Lampung. Setelah itu, barulah Jokowi akan melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan.

Tepat hari ini, sebelum pelepasan ribuan anggota TNI, maka anggota Korem 044/Gapo menggelar mengadakan doa bersama dengan 100 anak yatim untuk meminta hujan di Sumsel. Doa bersama ini dikhususkan untuk daerah yang terkena kabut asap terutama Palembang yang masih tertutup kabut asap.

“Hujan sangat diharapkan untuk kawasan yang masih diselimuti kabut untuk mengurangi kabut asap. Selain itu juga, kami melakukan penanaman pohon untuk penghijauan,” pungkas Tri Wirnarno.