Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

Kembangkan Kreativitas Warga

BERITABENAR-GUBERNUR DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Jakarta Creative Hub, (JCH) di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (1/3). Tempat tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh warga untuk mengembangkan kreativitasnya.

“Sebutan mudahnya ini adalah tempat les, tempat kursus bagi anak-anak kreatif,” ujar Basuki, saat meresmikan Jakarta Creative Hub, Rabu (1/3). Basuki menganalogikan Jakarta Creative Hub ini seperti fitness center.

Berbagai alat yang diperlukan telah disediakan untuk para member. Menurut Basuki banyak anak-anak muda memiliki kreativitas, namun tidak ada tempat untuk menuangkannya.
“Ini seperti tempat fitness.

Banyak yang suka tapi nggak punya alat. Banyak anak muda punya ide, tapi bingung bagaimana kalau alat nggak punya, nggak canggih. Otomatis sediakan alat, sehingga kreasi bisa dirasakan,” katanya
Namun, untuk menunjukan keseriusan peserta, pihaknya tetap memungut biaya jika ada yang ingin bergabung. Hanya saja biayanya tidak terlalu mahal dan tetap terjangkau.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menambahkan, tempat tersebut juga bisa dijadikan kantor bagi peserta. Sehingga mereka bisa memasarkan hasil kreasinya dengan mudah.

“Anggap saja ini virtual office, jadi istilahnya kantor bersubsidi,” tandasnya. Bangunan satu lantai seluas 1.500 meter persegi ini bakal menjadi wadah bagi anak-anak muda dalam mengasah kreativitas untuk menghasilkan karya dan produk.

Kepala Dinas Koperasi Usaha KecU Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta Irwandi mengatakan, Jakarta Creative Hub dibangun untuk menciptakan generaisi muda
yang memiliki jiwa wirausaha agar menjadi pengusaha muda yang tangguh.

“Kami ingin membentuk para UKM muda dalam rangka pengembangan industri kreatif. Di situ tempat anak-anak muda berkumpul menciptakan kreasi. Bisa dimanfaatkan juga oleh para pelaku UKM, lembaga pelatihan-, maupun organisasi yang konsen terhadap pembinaan UKM,” ujar Irwandi, kemarin (2/3).

Jakarta Creative Hub dilengkapi sekitar 12 ruangan yang digunakan untuk rapat, pelatihan, forum komunikasi baik wirausaha maupun komunitas. Selain itu, sarana prasarana penunjang juga disediakan di antaranya mesin jahit, mesin potong kayu dan kain, printer tiga dimensi, dan lain-lain.

Tak hanya itu, bangunan ini juga dilengkapi kafe dan fasilitas AC. Nantinya, Jakarta Creative Hub buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai jam 21.00. (wok)