Published On: Wed, Apr 13th, 2016

Kemenhub Buka Kembali Lowongan PNS

menhub-ignasius-jonan

Kabar gembira datang dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyatakan bahwa rekrutmen penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk para pencari kerja masih ada kuota kosong.

Ignasius Jonan selaku Menteri Perhubungan (Menhub) menjelaskan sebenarnya dari awal Presiden Joko Widodo sudah membatasi kuota penerimaan PNS. Tapi walaupun begitu, Kemenhub mengungkapkan masih ada peluang bagi semua kalangan yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi PNS.

Hal itu lantaran pegawai terminal bus tipe A kini dilimpahkan ke pusat. Itu semua terdapat 147 termi‎nal di seluruh Indonesia. Selain itu, kuota juga diperuntukkan bagi pegawai jembatan timbang kendaraan motor angkutan barang.

“Mungkin personil alih status dari PNS pemerintah kabupaten, kota, provinsi akan bertambah ke Kemenhub 15 ribu sampai 20 ribuan,” kata Jonan, dikutip dari Liputan6, Rabu (13 April 2016).

Jonan menambahkan untuk pembukaan kembali penambahan personil sudah disetujui oleh Pemerintah yang nantinya akan dialoksikan sebagai pengembang infrastruktur. Kemenhub akan menyerap 11 ribu pegawai bertahap hingga 2019.

” Waktu saya mulai gabung ke sini ada sekitar 30 ribu, waktu saya keluar mungkin jumlahnya 60 ribu,” kata dia.

Untuk fungsi administrasi, Pemerintah menolak penambahan pegawai, oleh karena itu demi mempercepat pelayanan, maka harus segera menggunakan sistem teknologi informasi.

“Tapi ada satu kegiatan fungsi yang tidak mau ditambah yaitu fungsi administrasi, pelan-pelan banyak pensiun. Pelan-pelan menggunakan sistem,menggunakan teknologi informasi,” ujar dia.