Published On: Thu, Mar 2nd, 2017

Kini Setara dengan Apple dan Samsung

RAKSASA gadget asal China, Xiaomi, tak puas hanya membuat smart-phone. Dia juga membuat prosesornya. Artinya, kini Xiaomi sudah setara Apple dan Samsung.

Selasa (28/2) waktu setempat, Xiaomi mengumumkan Surge SI yang ramai diperbincangkan, sebagai SoC (System on Chip) yang mereka bangun bersama Beijing Ponecone Electronics, kebetulan juga dimiliki Xiaomi.

“Kemampuan untuk membuat chipset sendiri adalah prestasi puncak bagi setiap perusahaan smartphone. Untuk Xiaomi, langkah tersebut merupakan dari langkah berikutnya yang penting dalam pengembangan kami,” kata CEO Xiaomi Lei Jun.

Menurut Mashable, Surge SI adalah pi’osesor menengah yang akan diposisikan oleh Xiaomi sebagai penantang Qual-comm Snapdragon 625 dan MediaTek P20 serta P10. Dari benchmark yang mereka lakukan, perusahaan mengklaim Surge SI memimpin soal performa.

Xiaomi menjelaskan Surge SI datang dengan dukungan 64-bit, mempunyai octa-core, juga disandingkan dengan GPU Mali-T860 Mali. Prosesor ini mendukung VoLTE atau Voice over LTE. – dms