Published On: Mon, Apr 4th, 2016

Komputer Mati Mendadak, UAN di SMAN 10 Bogor Menjadi Gaduh!

063332000_1459742782-20160404-Ujian_Nasional

Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional yang dilakukan serentak di Indonesia. Sebanyak 9.486 siswa mengikuti UN berbasis Komputer, tapi sayangnya UN kali ini tidak berjalan lancar seperti yang diharapkan. Hal itu terlihat dibeberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang merasa pusing melihat monitor terus-menerus, bahkan salah satu SMA di Bogor yang terkendala dengan arus listrik yang menyebabkan anak didik merasa kaget dan panik.

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Kota Bogor, Jawa Barat mendadak ramai lantaran komputer yang digunakan siswa mendadak mati. Semua anak panik dan kaget, dugaan awal komputer mati karena adanya pemadaman listrik, tapi ternyata itu karena adanya gangguan sesaat pada sistem komputer.

“Sempet kaget juga, baru mengerjakan dua soal, tiba-tiba komputer mati mendadak,” ujar salah satu siswi SMAN 10 Bogor, Senin (04 April 2016).

Jajang Koswara selaku Kepala Seksi Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Bogor mengakui bahwa ada insiden komputer mati mendadak saat UN berlangsung. Komputer kembali hidup setelah ditangani oleh teknisi. Perbaikan berkisar lima menit dan komputer kembali hidup dan berjalan lancar.

“Ada satu ruang ujian tiba-tiba komputer me-logout sendiri, meminta login lagi,” ungkap Jajang, saat ditemui di SMKN 1 Kota Bogor, seperti yang Berita Benar kutip dari Liputan6.

Jajang menambahkan sejauh ini baru SMAN 10 Bogor yang mengalami gangguan, belum ada keluhan dari sekolah lain perihal UN yang dilakukan hari ini. Menurutnya, tampaknya siswa-siswi sudah mulai terbiasa dengan ujian berbasis online seperti ini, hal ini karena mereka sudah terbiasa mengguanakan komputer.

“UN disekolah lain lancar,”kata Jajang.