Published On: Fri, Mar 4th, 2016

Korea Utara Siap Luncurkan Nuklirnya Kapanpun!

Johanes Chandra Ekajaya

Sang pemimpin Korea Utara yakni Kim Jong-un mengaku siap meluncurkan nuklir miliknya kemanapun dan kapanpun. Keputusan ini diambil oleh Kim Jong-un karena tingginya ancaman yang diterima oleh Korea Utara saat ini.

Pernyataan mengejutkan ini diucapkan Kim Jong-un saat ia sedang melakukan monitoring pelontar roket terbaru. Padahal sebelumnya Dewan Keamanan PBB baru saja memberikan sanksi yang sangat berat untuk Korea Utara.

Menurut data yang diungkapkan oleh Kementrian Pertahanan Korea Selatan, pihak Korea utara telah meluncurkan puluhan roket dan juga proyektil di pantai timur. Aksi yang dilancarkan oleh Korea Utara ini jelas-jelas akan memancing kemarahan negara-negara tetangga. Namun menurut Kim hal tersebut sangat wajar. Sebab, percobaan pelontar roket tersebut sejalan dengan pengujian persenjataan lainnya yang lebih canggih.

“Ini adalah waktu paling parah karena orang Amerika telah memaksa perang dan kehancuran ke negara lain dan mengancam keselamatan manusia. Satu-satunya cara untuk mempertahankan kedaulatan negara kita dan hak untuk hidup adalah meningkatkan kapasitas persenjataan nuklir kita,” ungkap Kim Jong-un seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Liputan 6 (4/3/2016).

Menanggapi aksi yang dilakukan oleh Korea Selatan, PBB dan juga Amerika serikat sudah membuat sanksi keras agar program nuklir dihentikan. Sanksi keras tersebut antara lain melarang ekspor mineral dan juga melarang penggunaan sistem transportasi Internasional.

Walaupun begitu, masyarakat Korea Utara mengaku tidak takut dengan ancaman yang diberikan oleh PBB dan juga Amerika Serikat. Mereka percaya bahwa tidak ada satupun yang mampu menghukum Korea Selatan. Mereka juga percaya jika di masa depan Korea Selatan akan menjadi negara kuat dan berdikari.